search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jayanegara Hadiri Karya Melaspas Kulkul di Dangin Tangluk Kesiman
Minggu, 18 Februari 2018, 17:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Plt Walikota Denpasar I.GN Jayanegara menghadiri karya melaspas dan pasupati kulkul di banjar Dangin Tangluk, desa pekraman Kesiman, Denpasar Timur, Sabtu (17/2).
 
Dari renovasi bale kulkul yang telah rampung secara keseluruhan, maka dari itu bertepatan dengan rahina Saniscara Pon Ugu, sabtu (17/2), krama banjar Dangin Tangluk melaksanakan karya melaspas Bale Kulkul dan Pasupati Kulkul. Upacara ini selain Plt. Walikota Denpasar, I.GN Jayanegara, juga dihadiri Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede serta sejumlah tokoh masyarakat dan undangan lainnya.
 
[pilihan-redaksi]
Plt. Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara mengatakan Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat. 
 
“Khusus bagi krama Banjar Dangin Tangluk, Desa Pakraman Kesiman ini pemlaspasan bale kulkul dan pasupati kulkul di banjar setempat diharapkan mampu membawa krama kedalam kesejahteraan dan kebaikan baik jasmani maupun rohani agar dapat mendukung pembangunan di Kota Denpasar tercinta,” ujarnya.  
 
[pilihan-redaksi2]
Panglingsir Banjar Dangin Tangluk, Made Neka didampingi prajuru adat Putu Adi Purnama mengungkapkan rangkaian upacara melaspas bale kulkul dan pasupati kulkul yang dirangkaikan dengan upacara mewinten oleh  seluruh krama banjar. 
 
“Kami sangat bersyukur kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa karena rangkaian upacara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujarnya.
 
Lebih lanjut Made Neka menuturkan renovasi bale kulkul yang sebelumnya telah ada ini dimulai sejak 17 September 2017 hingga dirampungkan pada 17 Februari ini melalui upacara melaspas dan pasupati kulkul. Detail bangunan balai kulkul di Banjar Dangin Tangluk ini seluas 3 X 3 Meter dengan tinggi kurang lebih 8,5 Meter.
 
 
 
“Kami berharap dengan selesainya pembangunan balai kulkul ini dilanjutkan dengan  upacara melaspas dan pasupati kulkul, Ida Shang Hyang Widhi Wasa melimpahkan kerahayuan bagi seluruh krama banjar kami,” ungkapnya.

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami