search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Menteri ESDM Himbau Warga di luar Radius Zona Bahaya Kembali ke Rumah
Kamis, 5 Juli 2018, 23:55 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com,Karangasem. Para pengungsi yang berasal dari luar radius zona bahaya yang telah ditetapkan yaitu 4 kilometer dihimbau agar kembai kerumahnya masing-masing.
 
[pilihan-redaksi]
Himbauan tersebut disampaikan oleh Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan saat menggelar jumpa pers di Pos Pemantauan Rendang usai melakukan pertemuan dengan petugas Pos Pantau terkait aktivitas Gunung Agung.
 
"Kita himbau masyrakat yang berada di luar radius 4 kilometer agar kembali ke rumahnya masing - masing," ujarnya, Kamis (5/7).
 
Himbauan tersebut disampaikan bukan tanpa pertimbangan. Menurut Jonan, dari badan geologi memperikan, memang potensi erupsi akan terus terjadi bahkan entah sampai kapan pihaknya tidak mampu memprediksi. Hanya saja dari analisa yang ada, secara deformasi masih sangat kecil sehingga tidak terjadi letusan hingga di luar radius yang telah ditetapkan.
 
[pilihan-redaksi2]
Meskipun minggu lalu sempat terjadi letusan strombolin yang melontarkan lava pijar namun erupsi itu tidak sampai membuat aliran awan panas. Selain itu, dilihat dari foto satelit lava yang keluar saat ini bersifat sangat cair kondisi tersebut tidaklah terlalu berbahaya namun yang sangat berbahaya itu jika lavanya kental.
 
Berdasarkan analisa tersebut serta dari data pemantauan sehingga pihaknya memutuskan zona berbahaya tetap berada di radius 4 kilometer.
 
Sementara itu, sempat ditanya terkait kondisi psikologis para pengungsi yang berada di luar radius 4 kilometer jika dipulangkan, Mentri Jonan mengatakan pemahaman warga saat ini dasarnya lebih banyak kekhawatiran dari pada bahayanya untuk itu pihaknya juga sudah berdiskusi bersama Bupati, Kapolres, Dandim serta yang terlibat dalam penanganan bencana ini untuk melaksanakan sosialisasi yang melibatkan tim vulkanologi untuk dijelaskan kepada masyarakat terkait potensi acaman yang terjadi. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami