search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Penyebab Api Diduga Kuat Berasal dari Mesin dan Freezer KM Cilacap Jaya Karya
Rabu, 11 Juli 2018, 01:55 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Beritabali.com,Denpasar. Pelan tapi pasti, tim gabungan Polda Bali, Polresta Denpasar dan Polsek Kawasan Laut mengungkap tabir terbakarnya puluhan kapal yang bersandar di Pelabuhan Benoa. Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, diduga kuat api berasal dari mesin dan freezer di Kapal Motor (KM) Cilacap Jaya Karya milik PT. AKFI-Benoa. 
 
[pilihan-redaksi]
Hal itu diungkapkan Kabid Humas Polda Bali Kombespol Hengky Widjaja saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (10/7). Menurutnya, saat ini penyelidikan masih dilakukan tim gabungan untuk menghitung berapa sebenarnya jumlah kapal yang terbakar. 
 
Namun karena kondisi kapal yang masih dipenuhi asap dan dipenuhi air, belum bisa dilakukan penyelidikan yang maksimal. “Kami masih menunggu benar benar api dapat dipadamkan. Sekarang ini masih dilakukan upaya penyedootan di dalam kapal untuk memudahkan penyelidikan,” terangnya. 
 
Dari penyelidikan Polsek Kawasan Laut Benoa, Kombes Hengky mengatakan, pihaknya sudah memeriksa 13 saksi terdiri dari nakhoda kapal, muhalim dan juru mesin. Belasan saksi dimintai keterangan sejauh mana melihat kejadian yang mereka alami. Kendati demikian, sedikit banyak dari keterangan para saksi dan olah TKP, tim gabungan sudah memiliki bahan untuk melangkah ke penyelidikan. 
 
[pilihan-redaksi2]
“Penyelidikan ini kami lakukan untuk mencari penyebab terjadinya kebakaran, apakah kebakaran murni, kelalaian, ataukah sengaja dibakar,” ungkap perwira melati tiga dipundak itu. 
 
Kombes Hengky menegaskan, dari pemeriksaan sementara, pihaknya fokus pada penyelidikan KM Cilacap Jaya Karya milik PT AKFI-Benoa. Kapal tersebut diduga awal penyebab terjadinya kebakaran hingga meludeskan puluhan kapal lainnya.
 
“Informasi awal ada 3 mesin di dalam kapal Cilacap Jaya Karya, tapi hanya 1 mesin yang dinyalakan. Satu mesin itu bagian kelistrikan dan freezer dan kemungkinan itu penyebabnya. Nanti akan dipastikan, apakah benar awal dari percikan api dari mesin itu,” terangnya. (bbn/Spy/rob)

Reporter: bbn/bgl



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami