search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Desa Tangkas-Klungkung Ditargetkan Bebas Kawasan Kumuh
Senin, 13 Agustus 2018, 06:33 WITA Follow
image

Darmawan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KLUNGKUNG.

Beritabali.com, Klungkung. Ketua Pengelola KSM TPS 3R Darma Winangun Desa Tangkas, I Ketut Darmawan menargetkan untuk menjadikan Desa Tangkas bebas dari kawasan kumuh. Guna mewujudkan target tersebut, salah satunya akan dilakukan dengan melakukan optimalisasi pengelolaan sampah desa sehingga dapat menyelesaikan titik-titik kumuh di Desa Tangkas. Target tersebut disampaikan Ketut Darmawan saat Sosialisasi Pemilahan Sampah Tingkat Rumah Tangga dan Bank Sampah di Desa Tangkas, Klungkung pada Minggu (12/8).

“KSM TPS3R Darma Winangun telah merangkul hampir 285 kepala keluarga atau sekitar  1.140 jiwa. Keterlibatan 285 KK ini diharapkan dapat membantu menghindarkan timbunan sampah di lingkungan desa, sehingga titik-titik kumuh yang muncul akibat timbunan sampah dapat diselesaikan” kata Darmawan.

Menurut Darmawan, berdasarkan hasil pencatatan menunjukkan bahwa sampah di Desa Tangkas selama ini terdiri dari 81 persen sampah organik. Sampah organik tersebut pada dasarnya sumber daya yang dapat diolah menjadi bahan pupuk sehingga bermanfaat bagi kesuburan tanah dan bukan justru menjadi bahan pencemar.

Darmawan mengungkapkan upaya sosialisasi pengelolaan sampah penting dilakukan secara berkelanjutan untuk mengingatkan kembali  akan bahaya sampah yg mengintip disekitar kita. Mengingat Bali menghadapi masalah sampah yg krusial.

Desa Tangkas, Klungkung selama ini tidak hanya telah mampu melakukan pengelolaan sampah, tetapi juga telah menjadi tempat belajar mengelola sampah. Terbukti TPS 3R Desa Tangkas setiap hari menerima kunjungan dari berbagai wilayah di Indonesia untuk belajar mengelola sampah Desa.

TPS 3R Desa Tangkas kini telah mengembangkan  paket ekowisata pengelolaan sampah dan sistem TOSS. Paket wisata ekowisata pengelolaan sampah tersebut tidak hanya menarik bagi wisatawan lokal, tetapi juga disukai oleh wisatawan mancanegara. [bbn/mul]

Reporter: bbn/mul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami