search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pengakuan Rombongan yang Tersesat saat Ngelungsur Tirta di Puncak Gunung Agung
Senin, 12 Agustus 2019, 08:47 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

 
Beritabali.com, Karangasem. Seorang anggota rombongan ngelungsur tirta asal Denpasar bersama pemandu yang sempat diinformasikan tersesat akhirnya berhasil turun dalam keadaan selamat pada Senin (12/08/2019) pagi sekitar pukul 03.40 WITA.
 
[pilihan-redaksi]
Anggota rombongan yang dikabarkan tersesat ini adalah Komang Dana (37) beralamat Jalan Kebo Iwa Denpasar dan pemandu lokal bernama Gede Munduk.
Rombongan ini awalnya naik berempat termasuk pemandu pada hari Sabtu tanggal 10 Agustus 2019 pukul 00.00 WITA melalui jalur Besakih, Rendang, Karangasem dengan tujuan untuk ngelungsur tirta yang akan dipergunakan dalam upacara Karya yang berlangsung di Pura Dalem Pauman, Banjar Gaduh, Sesetan. 
 
Namun di tengah perjalanan, dua orang diantaranya merasa tidak kuat dan memutuskan untuk tidak melanjurkan perjalanan sampai di Pura Tirta Giri Kusuma. Setelah lama menunggu, keduanya kemudian kembali turun pada Minggu tanggal 11 Agustus 2019 sekitar pukul 00.00 WITA dan menginformasikan bahwa rekannya belum kembali bersama seorang pandu yang melanjutkan perjalanan ke Puncak Gunung Agung.
 
Tak berselang lama, Relawan Pasebaya bersama Basarnas dan BPBD dan Anggota Polda Bali langsung melakukan atensi dan berkumpul di Pura Pengubengan, Besakih untuk bersiap melakukan evakuasi apabila diperlukan. Namun ketika tim bersiap, satu anggota rombongan bersama seorang pemandu tersebut berhasil turun dalam kondisi selamat meski dari pengakuannya sempat kehilangan arah atau tersesat di lereng Gunung Agung.
 
"Keduanya mengaku tersesat, muter-muter jalan di tempat, biasanya jika dilihat waktu pendakian, estimasinya sudah turun kemarin sore sekitar pukul 15.00 WITA," kata I Gede Pawana Ketua Pasebaya Agung yang turun langsung bersama sejumlah relawan lainnya. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami