search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Drama Musikal Masa Kerajaan Karangasem Buka Simposium Geopark Asia Pasifik
Selasa, 3 September 2019, 23:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Beritabali.com, Lombok. Drama musik kolosal dengan judul '3 Secret of Rinjani' atau tiga rahasia Rinjani menjadi acara pembuka, The 6th Asia Pasific Geopark Networks  (APGN) Symposium di Lombok Raya Hotel, Mataram, Senin (3/9).  
 
[pilihan-redaksi]
Disaksikan ratusan ahli Geologi delegasi dari 34 negara, ditampilkan kisah tentang pasukan perempuan yang sangat disegani pada masa kerajaan Karangasem. Yakni pasukan Balap Awestri dari Bayan. 
 
Ratusan delegasi di even internasional ini memberi apresiasi dengan tepukan berdiri (standing applause) panjang dan berulang-ulang. Karena gerak enerjik 100 orang penari dari usia sekolah TK hingga mahasiswa, serta budayawan Sasak di Lombok. 
 
Drama musikal yang ditampilkan mencoba mengangkat peradaban masa lampau, masa kini, dan masa depan. Surya Mulawarman selaku sutradara menjelaskan, drama musikal mengisahkan tentang tiga rahasia gunung Rinjani dari tiga perspektif. Pertama Rinjani yang dianggap sebagai energi oleh masyarakat Sasak. Kedua Rinjani sebagai peradaban dan pusat vulkanologi. Dan ketiga Rinjani sebagai mitologi dengan banyak simbol-simbol kehidupan.
 
 
[pilihan-redaksi2]
Acara simposium yang diawali dengan pemukulan gamelan tradisional Lombok, Gendang Belig oleh Gubernur NTB,  Doktor Zulkiflimansyah ini dihadiri Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rahman. Perwakilan UNESCO untuk Indonesia Hans Deencker, Deputi Kemenkom Maritim RI Safri Burhanuddin, dan Presiden APGN, Guy Martini.
 
Simposium berlangsung dari tanggal 31 Agustus hingga 6 September 2019. Gunung Rinjani ditetapkan sebagai salah satu Geopark dunia dalam sidanh UNESCO di Paris, April 2019 lalu. Gunung Rinjani masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang mencakup empat wilayah di pulau Lombok.  Mulai dari Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok tengah, dan Lombok Timur. 
 
Salah satu unggulan Taman Nasional Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak yang berada di sebagian gunung Rinjani yang tingginya mencapai 3.726 meter dari permukaan laut. Sebelumnya kaldera gunung Batur di Bali dan geoprak gunung Sewu di Jogjakarta sudah masuk dalam jaringan Geopark UNESCO. (bbn/lom/rob)

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami