search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pembuat Arak Sambut Baik Wacana Legalisasi Arak Bali
Kamis, 3 Oktober 2019, 07:00 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Beritabali.com, Karangasem. Wacana Pemerintah untuk melegalkan arak Bali disambut baik oleh pembuat arak tradisional di Kabupaten Karangasem. Salah satunya adalah I Ketut Togog (50) asal Banjar Undisan, Desa Lantang Katik, Sidemen, Karangasem. 

[pilihan-redaksi]
Pria lima orang anak ini berharap, apabila wacana tersebut nantinya benar-benar disahkan agar bisa meningkatkan kesejahteraan para pengerajin arak traditional.

"Saya pribadi menyambut baik, selama itu bisa meningkatkan kesejahteraan kami para pembuat arak karena ini sudah kami lakoni secara turun - temurun dan menjadi pencaharian utama," harap Ketut Togog.

Disamping itu, belakangan ini menjadi pembuat arak traditional nampaknya mulai kurang diminati oleh generasi muda di wilayah tersebut. Kebanyakan mereka lebih memilih untuk merantau bekerja di wilayah Denpasar.

"Sekarang anak - anak muda juga tidak mau melanjutkan usaha pembuatan arak lebih banyak senang kerja di Denpasar," tandasnya.

Sementara itu, beberapa waktu lalu sejumlah pengrajin arak asal Desa Kebung, Sidemen, Karangasem juga sempat mengadu ke Dewan Karangasem atas penggrebekan yang dialami sejumlah pembuat. 

Disana para pembuat juga meminta ketika wacana melegalkan arak agar pemerintah turun dahulu kelapangan dan menggelar audiensi bersama para pembuat arak sehingga apa yang diharapkan oleh pengerajin dan pemerintah bisa diakomodir di dalamnya. (bbn/igs/rob)

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami