search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Masalah Utama Kesehatan Perempuan Menurut WHO
Selasa, 9 Maret 2021, 16:50 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/5 Masalah Utama Kesehatan Perempuan Menurut WHO

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa perempuan masih menghadapi banyak masalah kesehatan. Dalam hal ini, WHO menyatakan bahwa ada beberapa penyakit di mana mayoritas menyerang perempuan dan harus diperhatikan secara penuh.

Melansir dari laman resmi WHO, berikut lima masalah utama kesehatan perempuan, antara lain:

1. Kanker

Dua kanker paling umum yang menyerang perempuan adalah kanker payudara dan serviks. Mendeteksi kedua kanker ini sejak dini adalah kunci untuk menjaga perempuan tetap hidup dan sehat.

Angka global terbaru menunjukkan bahwa sekitar setengah juta wanita meninggal akibat kanker serviks dan setengah juta akibat kanker payudara setiap tahun. Sebagian besar kematian terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah di mana skrining, pencegahan dan pengobatan hampir tidak memadai.

2. Kesehatan Reproduksi

Masalah kesehatan seksual dan reproduksi bertanggung jawab atas sepertiga dari masalah kesehatan perempuan berusia antara 15 hingga 44 tahun. Seks tidak aman merupakan faktor risiko utama, terutama di antara perempuan dan anak perempuan di negara berkembang.

3. Kesehatan Ibu

Banyak perempuan mendapat manfaat dari peningkatan perawatan selama kehamilan dan persalinan. Namun manfaat tersebut tidak merata sehingga perempuan meninggal akibat komplikasi kehamilan dan persalinan. Padahal, sebagian besar kematian ini dapat dicegah. 

4. HIV

Tiga dekade setelah epidemi AIDS, perempuan muda masih banyak yang menanggung beban infeksi HIV baru. Menurut WHO, masih terlalu banyak perempuan muda yang berjuang untuk melindungi diri dan untuk mendapatkan perawatan HIV yang mereka butuhkan.

5. Kesehatan mental

Bukti menunjukkan bahwa perempuan lebih rentan dibandingkan pria untuk mengalami kecemasan, depresi, dan keluhan somatik. Depresi adalah masalah kesehatan mental yang paling umum bagi perempuan.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami