search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Kiat Hidup Sehat Bagi Lansia
Kamis, 8 April 2021, 10:10 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/7 Kiat Hidup Sehat Bagi Lansia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Lanjut usia (lansia) cenderung memiliki gaya hidup tidak aktif dibanding mereka yang berusia lebih muda. Ini karena metabolisme tubuh lansia cenderung lebih lambat.

Ketua dan Pendiri Komunitas Lansia Sejahtera Surabaya, dr. Siti Pariani, MS., MSc., PhD., FISPH, FISCM yang mendapati lansia mengalami pengeroposan tulang atau osteoporisis, ditambah akibat dari asupan nutrisi yang kurang baik.

"Jika tidak melakukan aktivitas fisik, maka kepadatan tulang akan terus berkurang seiring bertambahnya usia, selain itu otot jadi lembek dan kecil dan sendi menjadi kaku karena tidak digerakkan," ujar dr. Siti dalam acara World Health Day Virtual yang diadakan Anlene, Rabu (7/4/2021).

Agar tetap sehat dan panjang umur, dr. Siti memberikan 7 kiat hidup sehat untuk lansia, agar lebih nyaman menikmati masa tua dengan cara sebagai berikut:

1. Perhatikan emosi dan perasaan

Rasa hormat dan rasa ingin sayang biasanya menggebu-gebu dirasakan para lansia. Nah, menurut dr. Siti ada baiknya mendapatkan perasaan itu dari saling cerita dan berbagi dengan teman sebaya. Disarankan juga menonton pertunjukkan yang bisa melepaskan beban pikiran, atau mengenang masa lalu yang menyenangkan atau nostalgia.

2. Perhatikan lingkungan sekitar

Di masa tua biasanya, cenderung ingin tenang menikmati udara dan pemandangan yang menentramkan perasaan. Maka Anda bisa melakukannya dengan menyayangi dan memperhatikan kebersihan lingkungan. Atau bisa juga dengan melakukan meditasi di taman, menikmati aneka bunga, jalan setapak, kegiatan ruangan, atau menyantap makanan yang mengugah selera.

3. Kognitif atau pengetahuan

Terlibat dalam aktivitas kreatifitas akan merangsang intelektual memecah masalah di usia yang tidak muda. Contohnya bisa dengan melakukan kegiatan budaya, kegiatan seni dan melakukan permainan atau teka-teki, kelompok membaca atau pembelajaran tentang pengalaman hidup.

4. Aktivitas fisik

Jika memiliki kebiasaan gaya hidup aktif disarankan untuk tetap dijaga. Ini karena menurut dr. Siti dengan meningkatkan aktivitas yang menyehatkan, maka gerak tubuh semakin terjaga. Caranya dengan berolahraga, memastikan kebutuhan nutrisi, cukup tidur, berhenti merokok dan melakukan perawatan kesehatan.

5. Menjadi profesional atau pakar

Semakin aktif melakukan berbagai kegiatan termasuk, bergerak melakukan aktivitas sehari hari akan membuat tubuh tetap sehat. Contohnya seperti bekerja sebagai pakar, mentor, berkebun, membuat karya seni, hingga mengasuh.

6. Aktif berkomunikasi dengan sosial

Berinteraksi dengan orang lain akan membantu lansia tetap sadar, dan bisa semakin merawat ingatan. Untuk menjaga ini bisa dilakukan dengan mengikuti klub atau komunitas, entah kelompok pertemanan, satu generasi ataupun kelompok untuk bersenang-senang.

7. Merawat jiwa dan pemikiran spiritual

Hidup dengan makna atau tujuan hidup flora, semakin rajin beribadah kepada tuhan akan membuat hati semakin tenang, dan semakin berdamai dengan diri sendiri.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami