search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
9 Titik Sirine Tsunami di Bali, Dimana Saja?
Senin, 26 April 2021, 17:10 WITA Follow
image

beritabali/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Sekretaris BPBD Provinsi Bali Gede Teja mengatakan saat ini Bali hanya memiliki sembilan sirine peringatan dini tsunami. Dia mengakui jumlah tersebut belum ideal bagi Bali yang rawan tsunami

"Mudah-mudahan ke depan kita memiliki sirine yang menjangkau seluruh wilayah, yang benar-benar berada di zona bahaya," tuturnya saat ditemui di Kantor BPBD Bali, Denpasar, Senin (26/4). 

Untuk sementara, sembilan sirine itu diprioritaskan di kawasan padat penduduk dan kawasan pariwisata seperti di Kabupaten Badung. Dari pemetaan BPBD Provinsi, dia menyebut saat ini terdapat 153 desa di Bali yang rawan tsunami. Desa-desa itu tersebar di seluruh Bali, kecuali di Kabupaten Bangli. Bangli menurutnya daerah yang relatif aman dari tsunami karena tak memiliki pantai. 

"Idealnya memang seluruh desa yang masuk kategori bahaya tsunami memiliki sistem peringatan dini tsunami. Itu PR kita ke depan," ungkapnya. Beberapa kawasan yang telah dipasangi sirine peringatan dini tsunami meliputi, Seminyak, Kedonganan, ITDC Nusa Dua, Seririt dan Tanah Lot. 

Dia menambahkan, dalam peringatan dini tsunami terdapat dua komponen. Komponen struktural dikelola BMKG, yakni alat-alat di dasar samudera seperti sensor yang menganalisa gelombang, termasuk CCTV.

Sedangkan komponen kultural yang bersifat desiminasi, dikelola Pemerintah Daerah. Komponen ini yang memberi informasi kepada masyarakat dan memberi perintah evakuasi kepada masyarakat. 

Dia berharap masyarakat semakin memahami potensi-potensi bencana alam, seperti tsunami. Dengan mengenali potensi bencana, maka dampak bencana dapat ditekan. 

Reporter: bbn/dps



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami