search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sempat Dibatalkan, Dewan Keamanan Israel Setujui Pawai Israel di Yerusalem
Rabu, 9 Juni 2021, 19:20 WITA Follow
image

suara.com/Sempat Dibatalkan, Dewan Keamanan Israel Setujui Pawai Israel di Yerusalem

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Pihak berwenang menyetujui rencana Pawai Bendera Israel yang melewati Kota Tua Yerusalem pada Selasa (8/6), sehari setelah penyelenggara membatalkan acara tersebut karena masalah rute.

Menyadur Russian Today, Rabu (9/6/2021) dewan keamanan tingkat atas Israel menandatangani Pawai Bendera yang direncanakan oleh kelompok sayap kanan melalui Kota Tua Yerusalem.

Keputusan itu dikeluarkan hanya sehari setelah penyelenggara membatalkan acara tersebut karena perselisihan dengan polisi mengenai rute pawai.

Para menteri di dewan keamanan, pada hari Selasa memilih untuk mendukung acara tersebut, yang diadakan setiap tahun pada Hari Yerusalem.

Acara pawai tersebut digelar setiap tahunnya untuk menandai kembalinya kota Yerusalem ke Israel pada tahun 1967 setelah 19 tahun pemerintahan Yordania.

Dewan keamanan Israel mengatakan pawai bendera itu dapat dilanjutkan pada 15 Juni, jika rute tersebut disetujui oleh polisi.

Dewan keamanan mengungkapkan jika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Menteri Pertahanan Benny Gantz sudah menyepakati kompromi dalam pawai itu.

Netanyahu dan Benny Gantz juga dilaporkan bahwa mereka sudah mengajukan proposal baru untuk acara pawai yang akan melewati Kawasan Muslim di Yerusalem.

Pada hari Senin, panitia pawai mengatakan mereka telah memilih untuk membatalkan acara tersebut setelah polisi mengumumkan bahwa mereka akan menolak rencana pawai itu.

Polisi mengatakan mereka tidak akan membiarkan pawai itu melewati Kawasan Muslim Kota Tua di tengah kekhawatiran jika acara tersebut dapat memicu bentrokan baru antara Israel dan Palestina.

Acara tersebut awalnya dijadwalkan berlangsung pada 10 Mei, tetapi dibatalkan di tengah kekhawatiran keamanan karena pasca ketegangan baru-baru ini di di Yerusalem Timur.

Ketegangan tersebut memicu kelompok militan Hamas menembakkan ratusan roket dari Gaza ke wilayah Israel yang kemudian dibalas oleh Pertahanan Israel.

Menurut Pasukan Pertahanan Israel, lebih dari 200 roket dan mortir ditembakkan dari Jalur Gaza menuju Israel dari pukul 6 sore Senin (10/5) hingga 6 pagi pada Selasa (11/5), lusinan di antaranya dicegat oleh Iron Dome.

Korban tewas akibat serangan Israel di Jalur Gaza meningkat menjadi 248 korban, menyadur Anadolu Agency Sabtu (22/5), termasuk 66 anak-anak dan 39 wanita.

Kementerian Kesehatan Palestina pada hari Jumat mengungkapkan sedikitnya 1.948 orang terluka akibat serangan yang berlangsung selama kurang lebih 11 hari.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami