search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
NTB Awasi Penyelundupan Narkoba Lewat Pelabuhan Tikus
Jumat, 1 Oktober 2021, 21:05 WITA Follow
image

beritabali/ist/NTB Awasi Penyelundupan Narkoba Lewat Pelabuhan Tikus.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Menyikapi maraknya modus operandi penyelundupan narkotika di Nusa Tenggara Barat dengan memanfaatkan penyeberangan laut melalui pelabuhan-pelabuhan tikus, menjadi atensi Danlanal Mataram dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi NTB. 

Selain karena keterbatasan personel, penyelundupan Narkotika melalui pelabuhan kecil atau pelabuhan tikus ini juga sangat sulit dideteksi oleh unsur-unsur patroli. Sehingga untuk meminimalisir penyelundupan Narkotika melalui pelabuhan tikus ini, diperlukan komitmen yang kuat untuk bersinergi dengan semua stakeholder.

“Lanal Mataram tidak mampu berbuat sendiri sehingga perlu bersinergi dengan Polri maupun dari aparat kewilayahan terutama BNNP NTB,  untuk meng-atensi modus-modus penyelundupan ini,” ucap Danlanal Mataram, Kolonel Laut (P) Suratun SH, pada acara pemusnahan barang bukti narkotika kelas 1 jenis sabu sejumlah 730,71 gram di halaman Kantor BNN Provinsi NTB, Kamis (30/9).

Kata Danlanal Suratun, dalam rangka meminimalisir penyelundupan narkoba melalui pelabuhan tikus, Lanal Mataram memberdayakan semua komponen masyarakat termasuk masyarakat pesisir untuk dibina.

"Kita ada yang namanya Bintara potensi maritim (Babinpormar) yang selalu berkomunikasi dengan masyarakat dengan warga pesisir jika melihat, mendengar ataupun mengetahui ada hal yang mencurigakan terkait dengan masalah kegiatan narkoba dan sejenisnya harus segera infokan ke kita dan segera kita langsung berkoordinasi instansi terkait dan langsung kita aksi, ” jelas Danlanal.

Sementara itu Kepala BNNP NTB, Brigjen Pol Gagas Nugraha menerangkan, pengungkapan kasus narkoba selain melalui interdiksi udara, pihaknya dan jajaran juga melakukan pengungkapan melalui interdiksi laut juga darat. Tentunya setelah berkoordinasi dengan Danlanal, Bea Cukai, juga pihak Angkasa Pura.

Dan kalau memang nanti kekuatan mengatasi modus-modus penyelundupan ini tidak ada atau kurang, BNNP akan membentuk tim gabungan untuk upaya paksa. Sehingga bisa meminimalisir penyelundupan melalui lintas laut, darat dan udara.

"Kalau pun toh mereka menginginkan gerakan dilakukan secara besar-besaran, kita lakukan secara besar-besaran. Di sini ada  Danlanal, Danlanud, Korem dan dari Polda," tegas Brigjen Gagas Nugraha.

Dalam pemusnahan barang bukti di halaman Kantor BNNP NTB kemarin, adalah hasil pengungkapan kasus 730,71 gram narkotika dengan lima tersangka. Penyelundupan Narkotika  dari Pekan baru-Jakarta hingga sampai ke Lombok. Dengan modus roket atau memasukkan dalam dubur.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami