search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
3 Gejala Kanker Payudara Yang Harus Disadari
Sabtu, 1 Januari 2022, 10:30 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/3 Gejala Kanker Payudara Yang Harus Disadari

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Gejala kanker payudara sebenarnya cukup tampak. Namun sialnya, hal ini sering diabaikan karena tak memberikan efek secara langsung. Jadi mari kita lihat, beberapa gejala kanker payudara yang sebenarnya bisa jadi identifikasi awal penyakit tersebut.

Sel kanker payudara sendiri tumbuh di area payudara dan selalu memberikan tanda yang terlihat. Beberapa poin di bawah ini bisa jadi perhatian untuk Anda, sehingga bisa melakukan penanggulangan dini pada penyakit tersebut.

Puting Melesak

Kondisi paling jelas adalah ketika puting melesak atau tertarik ke bagian dalam. Idealnya bentuk dari puting adalah menonjol keluar, namun karena sel kanker berkembang maka memicu puting mengalami kondisi ini.

Tidak selalu berarti mengalami kanker payudara, namun bisa jadi salah satu indikasi dari kondisi tersebut. Ketika merasa mengalami kondisi ini, maka Anda bisa berkunjung ke dokter untuk berkonsultasi.

Ukuran Payudara Besar Sebelah

Secara ideal memang ukuran payudara kiri dan kanan pasti memiliki perbedaan. Namun ketika ukuran atau perbedaannya terlalu jauh, bisa jadi indikasi bahwa Anda mengalami kanker payudara. Ada baiknya ketika hal ini terjadi Anda segera mendatangi dokter kepercayaan Anda.

Perbedaan ukuran yang signifikan ini dipicu karena pertumbuhan sel kanker yang terus menerus. Bahkan pada beberapa kasus ketika pembengkakan terjadi, payudara menjadi tampak turun atau merosot. Tentu, Anda tak lagi bisa menunggu untuk bertemu dengan dokter.

Keluarnya Cairan dari Puting

Gejala kanker payudara yang juga tampak adalah bahwa ada cairan yang keluar dari puting dengan warna cokelat atau kemerahan seperti darah. Tak selalu menandakan kanker, tapi jadi salah satu indikasi kuat bahwa ada sel yang berkembang di dalam payudara.

Apapun kondisi yang memicu hal ini, Anda tetap harus segera mendatangi dokter untuk melakukan pengecekan. Sebagai langkah awal yang baik, hal ini bisa meminimalisir resiko lebih besar yang mungkin saja terjadi jika terlambat diidentifikasi.

Itu tadi beberapa gejala kanker payudara yang tampak tapi jarang dipedulikan. Jadi setelah sekarang Anda tahu, semoga tanda ini bisa diidentifikasi lebih cepat sehingga dilakukan pencegahan yang lebih cepat pula.(sumber: suara.com)
 

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami