search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Suka Makan Sayur, Cobain Srombotan Dijamin Ketagihan
Kamis, 13 Januari 2022, 18:45 WITA Follow
image

bbn/GOODMINDS.ID/Suka Makan Sayur, Cobain Srombotan Dijamin Ketagihan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Salah satu kuliner khas bali dengan komposisi sayur yang melimpah adalah Srombotan. Kudapan ini adalah sayuran khas Kabupaten Klungkung, Bali, terbuat dari perpaduan sejumlah sayur.


Makanan khas Klungkung ini banyak disukai turis maupun warga lokal karena termasuk makanan vegetarian.

Kuliner ini memiliki komposisi sebagai berikut sayur buah botor muda atau kecipir, terong bulat, pare, tauge, kubis yang dimasak setengah matang. kemudian diberi bumbu disebut kalas yang terdiri dari santan yang diberi tumbukan kunyit, lengkuas, bawang merah dan bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. 

Bumbu untuk sayur-sayuran tersebut adalah dengan santen kental yang sudah dibumbui tumbukan bawang merah, bawang putih, kunyit, lengkuas, ketumbar dan sedikit kencur, bumbu tersebut disebut dengan bumbu kalas oleh orang Bali.

Nasi yang dihidangkan dengan sayur ini pun berbeda, nasi khas Bali yang disebut oran sele yaitu nasi dengan campuran ubi jalar adalah nasi pelengkap srombotan. Terakhir, makanan ini juga akan diberi taburan kacang tanah goreng sebagai pelengkap.

Srombotan merupakan makanan tradisional khas Bali versi gado-gado. Jika gado-gado memilki khas bumbu lezat terbuat dari kacang tanah dan bumbu lainnya yang dihaluskan sebagai saus saturan, namun di Bali kacang tanah tersebut hanya ditaburkan saja.

Selain itu, taburan bumbu Srobotan juga bermacam-macam, ada yang berupa santan kental, ada yang berupa parutan kelapa tua yang dicampuri rempah-rempah yang dihaluskan dan dibakar di api kecil yang disebut sambel nyuh.

Dengan banyaknya keunikan, variasi dan kelezatan srombotan sebagai salah satu masakan tradisional khas Bali, Srombotan juga memilki harga yang sangat terjangkau.

Jika anda membeli di warung tenda pinggir jalan, anda dapat merasakan srobotan hanya dengan Rp. 5.000 saja, namun jika mengunjungi restoran yang memang borjuis, maka anda juga harus merogoh kocek lebih dalam.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami