search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jukut urap, Kuliner Pelengkap Yang Sayang dilewatkan
Kamis, 13 Januari 2022, 19:25 WITA Follow
image

bbn/grid.id/Jukut urap, Kuliner Pelengkap Yang Sayang dilewatkan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Jukut Urap adalah salah satu olahan sayur yang hampir selalu ada di hidangan Bali. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Bali berbahan dasar sayur yang mirip dengan urap-urap yang berasal dari Jawa. Bila diartikan secara harfiah dalam bahasa Bali Jukut Urap sendiri berarti urap sayur karena memang menggunakan berbagai macam sayuran.

Meski sekilas terlihat mirip namun antara Jukut Urap dengan Urap biasa sedikit berbeda terutama dari racikan bumbunya. Jukut urap menggunakan tambahan sedikit santan, kacang goreng, dan juga perasan jeruk nipis pada sambal urap kelapanya.

Biasanya Jukut Urap disajikan di sejumlah restoran atau rumah makan tradisional Bali Halal yang tersebar di seluruh daerah. Harga satu porsi makanan ini sendiri sangat terjangkau karena hanya berkisar antara Rp5.000,00 hingga Rp10.000,00 per porsinya.

Bahan membuat Urap Jukut adalah sebagai berikut kelapa parut, kecambah atau tauge, gram kacang panjang, daun salam, daun jeruk nipis, batang sereh yang sudah dimemarkan, lengkuas yang sudah dimemarkan, Garam secukupnya dan Gula secukupnya. Adapun rempah lain adalah kunyit tua, terasi, kencur,bawang merah,bawang putih dan cabai rawit secukupnya/sesuai selera.

Kemudian cara membuat makanan khas bali ini adalah sebagai berikut. Pertama-tama, campurkan bumbu halus Jukut Urap dengan parutan kelapa hingga merata. Kemudian selanjutnya masukkan irisan daun jeruk, daun salam, daun sereh serta lengkuas, lalu masak di atas api kecil serta jangan lupa tambahkan 250 ml air.

Setelah itu, tambahkan bahan pendukung lainnya seperti gula, garam dan penyedap rasa, lalu aduk merata, tunggu hingga air benar-benar menyusut serta bumbunya merata.


Tunggu hingga matang, koreksi rasa kemudian angkat dan sisihkan. Selanjutnya potong kacang panjang dengan ukuran sesuai selera lalu rebus dan berikan sedikit penyedap rasa.

Kemudian sesudah matang, angkat kacang panjang dan pindahkan ke dalam air dingin agar warnanya hijau segar, lalu tiriskan. Berikutnya, rendam tauge dengan air rebusan kacang panjang sebentar saja, kemudian angkat dan tiriskan kembali. Terakhir, campurkan rebusan kacang panjang dan tauge serta bumbu urap hingga merata kemudian sajikan kuliner ini dengan nasi hangat serta lauk pauk.

Reporter: bbn/tim



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami