search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Patung Jokowi Naik Motor Karya Nuarta Dipasang di Mandalika
Rabu, 26 Januari 2022, 13:45 WITA Follow
image

beritabali/ist/Patung Jokowi Naik Motor Karya Nuarta Dipasang di Mandalika.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NTB.

Ada yang menarik dalam akun instagram @nyoman _nuarta, pematung terkenal asal Bali yang sudah mendunia. Sekaligus perancang ibu kota  baru (IKN) yang tengah digadang-gadang pemerintah dibangun di Kalimantan. 

 

Dalam akun instagramnya tiga hari lalu, Nyoman Nuarta menulis *Terimakasih untuk semua pekerjaan 4 bulan dikerjakan dalam waktu 1 bulan. Semoga sesuai harapan".

Dalam postingan videonya, pematung legendaris dengan mahakarya itu nampak para pekerja tengah sibuk merampungkan pesanan khusus. Ada pengerjaan roda motor, dan tentunya kerangka motor lengkap dengan stangnya. 

Di unggahan sebelumnya, juga ada pengerjaan bagian kepala lengkap dengan helm. Usut punya usut, pengerjaan patung berbahan logam itu adalah Proyek khusus pesanan Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR. Yang dikerjakan di komplek Galeri Nu Art, Setraduta, Bandung Utara, Jawa Barat.

Jelang seri MotoGP Mandalika 2022, seniman patung I Nyoman Nuarta tengah merampungkan pembuatan patung Presiden Joko Widodo naik sepeda motor.

“Iya benar. Saat ini lagi proses pergerjaan, agak lama, perkiraan satu bulan,” kata Nuarta, dikutip Tribunlombok. 

Para pekerja di galeri Nu Art setiap hari melakukan pengelasan dan penyelesaian komponen-komponen patung. 

Desainer Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara itu membenarkan patung Jokowi itu nantinya memang akan dipasang di kawasan Mandalika, Lombok Tengah.

Titik persis lokasinya di mana, Nyoman Nuarta belum mengetahuinya. Ia hanya menerima order cepat itu dari Diana Kusumastuti, Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

“Ini perintah langsung Dirjennya, rencana pasang di gerbang, tapi saya tidak tahu pasti posisinya di mana,” jelas pria kelahiran Tabanan, Bali ini.

Saat ini menurut Nyoman Nuarta sedang dikerjakan komponen patung Jokowi di bagian kepala yang mengenakan helm. Kemudian roda motor depan belakang, dan rangka hingga setang dan bagian lampu depan motor.

 

Perupa legendaris yang juga merancang patung Jalesveva Jayamahe di komplek Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya itu optimistis bisa menyelesaikan proyek ini dalam sebulan. Setelah selesai, patung lengkap akan dikirim ke Lombok dari Bandung. 

“Pengiriman patung itu ke Lombok perkiraan sampai 3-5 hari sampai,” lanjut pematung yang karyanya tersebar di berbagai daerah dan negara.

Lewat akun Instagramnya @nyoman_nuarta, pekan ini secara berturut-turut perupa itu mempublikasikan video pendek pengerjaan patung Jokowi dan motornya. 

Secara umum patung berbahan tembaga yang sedang dikerjakan lulusan jurusan seni patung ITB itu dominan berwarna kuning keemasan.

Rupa dasar karya diadopsi dari sosok Jokowi yang menunggang motor modifikasinya yang pernah mengaspal di skirkuit Pertamina Mandalika beberapa waktu lalu. Basis motor Jokowi yang dimodifikasi gaya bobber itu berasal dari Kawazaki W175.

Reporter: bbn/lom



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami