search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ida Pedanda Kekeran Tantang PSB Hidupkan Wantilan se-Bali
Jumat, 18 Maret 2022, 13:00 WITA Follow
image

beritabali/ist/Ida Pedanda Kekeran Tantang PSB Hidupkan Wantilan se-Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Pengurus Peguyuban Seniman Bali (PSB) secara sekala niskala dikukuhkan di Pura Samuantiga di Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, pada Budha Umanis Dukut, Rabu malam (16/3). 

Pemuput upacara mejaya-jaya, Ida Pedanda Gede Putra Kekeran menitipkan tugas berat kepada PSN. Yakni agar bisa menghidupkan wantilan seluruh Bali.

 “Akeh wantilan anyar sampun (Banyak wantilan/balai baru) didirikan di Gianyar, di Bali, kudang (berapa) miliar nike (itu) anggarannya. Titip Peranda siki (satu), risampun puput (setelah rampung) wantilan ngudyang nike (untuk apa)? Jadi ada tugas besar untuk PSB, bagaimana agar wantilan itu bisa hidup dengan ragam seni,” pinta Ida Pedanda Kekeran.

Ida Pedanda akan melihat aksi nyata dari pihak PSB yang telah dilantik secara sekala oleh Kepala Dinas Kebudayaan Gianyar, Gusti Ayu Widyawati. 

“Peranda akan lihat action (aksi nyatanya) di pungkur wekas,” ungkap Ratu Pedanda.

Lanjut Ida Pedanda, para seniman yang akan memanfaatkan tempat itu ke depannya. “Yang sudah memargi, tingkatkan lagi. Buatkan aturan yang bagus memaksa orang tidak bisa menjadi bisa. Banjar ada 8 misalnya, bagi tugas. Yang mengaku tidak bisa megambel rekrut ajari megambel di wantilan,” jelasnya. 

Lebih lanjut dikatakan, PSB punya tugas memback up. “Ini pekerjaan besar, hitung berapa wantilan sekarang di Bali? Berapa seni yang akan ditampilkan. Banyak,” imbuhnya.

Duduk di posisi Ketua PSB Provinsi Bali, I Made Kerta Suwirya, yang merupakan kreator seni Banjar Bedil, Desa Sukawati. Kemudian, Ketua PSB Kabupaten Gianyar Ketut Wirtawan, Ketua PSB Denpasar, Putu Adi Sujana, PSB Buleleng, Gede Pande Satria, Ketua PSB Negara, I Gede Satria Budhi Utama. 

Lalu Ketua PSB Karangasem, I Kadek Suryanta Antara, Ketua PSB Klungkung, I Wayan Susana, Ketua PSB Badung, I Wayan Agun Adi Putra, Ketua PSB Bangli, Nyoman Jhonson dan Ketua PSB Tabanan, I Nyoman Sujana. 

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami