search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sloviansk-Severodonetsk, Medan Tempur Baru Rusia vs Ukraina
Selasa, 31 Mei 2022, 10:20 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Sloviansk-Severodonetsk, Medan Tempur Baru Rusia vs Ukraina

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Wilayah Sloviansk dan Severodonetsk disebut jadi medan tempur baru antara pasukan Rusia dengan perlawanan Ukraina. Ukraina mengklaim Rusia tengah mengumpulkan pasukan untuk menyerang dua wilayah itu di Donetsk dan Luhansk, Senin (30/5). 

Juru bicara Kementerian Pertahanan Ukraina Oleksandr Motuzyanyk mengatakan pertarungan paling hebat terjadi di dekat Severodonetsk. Kota itu merupakan pertahanan terakhir pasukan Ukraina di wilayah Luhansk, Donbas.

Motuzyanyk juga menyampaikan Rusia mulai berkumpul dan membentuk kembali pasukan di Sloviansk.

"Di Sloviansk, musuh kembali berkumpul untuk melanjutkan serangan ke arah Izyum-Barvinkove dan Izyum-Sloviansk," katanya.

Selain itu, Motuzyanyk mengatakan pasukan Ukraina tengah mengupayakan segala cara untuk mencegah pasukan Rusia menguasai kota.

Sementara itu, jatuhnya Severodonetsk ke tangan Rusia bakal memperkuat genggaman Kremlin atas wilayah Donbas, yang sebagian besar dikendalikan oleh gerakan separatis pro-Moskow.

Jika Rusia dapat menguasai Severodonetsk, pun daerah Lysychansk, Kremlin bakal menguasai seluruh wilayah Luhansk.

"Penangkapan Severodonetsk dan mencapai batas wilayah Luhansk bakal sangat penting untuk kepemimpinan Rusia berdasarkan pandangan politik, sebagai kemenangan dan pencapaian dari militer dan tujuan politik mereka," ujar analis militer Ukraina Kostyantyn Mashovets.

"Dari sisi militer, itu tentu saja bakal membuat situasi kami lebih buruk, tetapi tak akan krusial," lanjutnya.(sumber: cnnindonesia.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami