search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Manfaat Terong Belanda Untuk Tubuh
Selasa, 14 Juni 2022, 13:25 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/7 Manfaat Terong Belanda Untuk Tubuh

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Terong belanda atau yang memiliki nama lain tamarillo ini memiliki bentuk lonjong hampir seperti telur. Di Indonesia, buah ini diberi nama terong belanda karena pertama kali diperkenalkan dan dibudidayakan oleh orang belanda pada zaman penjajahan. Adapun manfaat terong belanda akan diulas di sini.

Diketahui, kulit terong belanda ini luarnya terasa pahit, dagingnya banyak mengandung air dan beraroma segar. Mungkin masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa terong belanda ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Melansir dari sejumlah sumber, adapun manfaat terong belanda yakni sebagai betikut.

Manfaat Terong Belanda untuk Tubuh

1. Kaya akan vitamin

Terong belanda kaya akan vitamin seperti vitamin C, E dan A. Selain itu, terong belanda juga mengandung antioksidan dan sumber vitamin B kompleks seperti niasin, tiamin dan riboflavin. Nutrisi lain yang terkandung dalam terong belanda juga mencakup karbohidrat, protein, lemak, kalsium, kalium dan natrium. 

Selain itu, terong belanda juga memiliki kandungan lainnya seperti mineral, fosfor, magnesium, mangan, tembaga, besi, dan seng. Terong belanda juga diperkaya dengan banyak nutrisi sehingga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan kekebalan

Buah terong belanda kaya akan vitamin B kompleks yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh untuk mengubah makanan menjadi nutrisi yang penting bagi sel organ dan jaringan. Bagi Anda yang suka pingsan karena kelelahan, terong belanda juga dipercaya mampu mengatasi masalah ini karena kandungan vitamin B kompleks di dalamnya.

3. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin C, A dan E dalam buah terong belanda dapat membantu kulit menjadi sehat dan bercahaya. 

Selain itu, adanya kandungan phenol, anthocyanin dan flavonoid, dapat mencegah stres oksidatif dan polusi dalam tubuh, dan bermanfaat untuk mengatasi anti aging pada kulit.

4. Mengontrol diabetes

Asam klorogenat dalam terong belanda dapat membantu mengurangi kadar gula darah berlebih. Sedangkan kandungan antioksidan pada terong belanda, dapat mengurangi stres oksidatif pada hati dan pankreas.

5. Menjaga kesehatan jantung

Adanya potasium dalam kandungan terong belanda dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi di dalam jantung. Kemudian, kandungan magnesiumnya, membantu menjaga kesehatan jantung tubuh. Sementara itu, serat dalam buah terong belanda juga mampu menyeimbangkan dan menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

6. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A dalam kandungan buah terong belanda mampu menjaga dan menghindari mata dari kerusakan mata. Caranya, Anda bisa rutin mengonsumsi 1 buah atau 50 gram terong belanda yang dihaluskan setiap hari tanpa gula, untuk menjaga kesehatan penglihatan.

7. Mencegah kanker

Kandungan dan manfaat buah terong belanda yang terakhir ini sangat penting untuk mencegah kanker dari dalam tubuh. Kandungan vitamin E, flavonoid dan antosianin dalam daging terong belanda dapat membantu menangkal polusi radikal bebas penyebab kanker. Selain itu dapat mencegah pembentukan kanker pada jaringan sel tubuh dengan sifat anti inflamasi dan anti mikroba.(sumber: suara.com)

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami