search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
4 Jenis Makanan Untuk Atasi Kram dan Nyeri Menstruasi
Kamis, 8 September 2022, 16:04 WITA Follow
image

beritabali.com/ist/suara.com/4 Jenis Makanan Untuk Atasi Kram dan Nyeri Menstruasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Para wanita pasti tahu bahwa nyeri haid dan kram perut dapat membuat kesulitan dalam beraktivitas sehari-hari. Diketahui, kram sendiri merupakan hasil dari kontraksi di dinding rahim. Nah, rasa sakit menstruasi ini sebenarnya dapat diatasi dengan mengubah pola makan.

Cuma masalahnya, efeknya tidak akan terjadi secara instan. Meski begitu, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba, apalagi kalau memang bisa mengatasi problem menyusahkan saat haid ini.

Konsumsi makanan bernutrisi dalam jangka panjang seiring waktu akan membantu mengurangi kram menstruasi.

Berikut jenis makanan yang baik untuk mengatasi kram dan nyeri menstruasi:

1. Makanan kaya magnesium

Magnesium dapat mengurangi kram otot. Salah satu makanan enak kaya magnesium adalah cokelat hitam, juga kacang mede, kedelai, bayam, serta pisang.

2. Makanan kaya omega-3

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang berperan dalam keseimbangan hormon. Sifat anti-inflamasi yang ada dalam omega-3 dapat membantu mengurangi kram menstruasi dengan mengurangi efek prostaglandin.

Nah, makanan kaya omega-3 itu misalnya adalah ikan berlemak, telur, almond, kenari, juga biji rami.

3. Makanan kaya kalsium

Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumsi harian sekitar 500 miligram kalsium dapat membantu mengurangi kram menstruasi dan gejala lainnya. Untuk jenis makanannya, susu jelas salah satunya.

4. Makanan kaya seng

Seng membantu meningkatkan sirkulasi di pembuluh darah mikro, dan juga menghambat prostaglandin PgE2, yang dengan demikian mengurangi kram. Mekanisme kerjanya agak mirip dengan NSAID seperti aspirin.

Adapun makanan yang mengandung seng misalnya adalah yoghurt, cokelat hitam, telur, juga kacang-kacangan.(sumber: suara.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami