search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Duka Keluarga Si Doel Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' Tutup Usia
Kamis, 22 Desember 2022, 11:14 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Duka Keluarga Si Doel Aminah Cendrakasih 'Mak Nyak' Tutup Usia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Aminah Cendrakasih, aktris yang dikenal sebagai Mak Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan, meninggal dunia pada Rabu (21/12) sekitar pukul 20.00 WIB. Aktris senior itu meninggal di usia 84 tahun.

Kabar kepergian Aminah itu dibagikan oleh Rano Karno yang merupakan pemeran utama karakter Doel dalam sinetron tersebut.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun telah wafat Mak Nyak (Aminah Cendrakasih).. Semoga Almarhumah diterima seluruh amal ibadahnya dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT Aaminn YRA," tulis Rano Karno.

CNNIndonesia.com telah meminta izin kepada Rano Karno untuk mengutip unggahan tersebut.

Jajaran pemeran Si Doel lainnya turut mengucapkan kalimat perpisahan kepada Aminah. Beberapa di antaranya seperti Suty Karno yang berperan sebagai Atun, dan Cornelia Agatha yang berperan sebagai Sarah.

"Selamat jalan Mak Nyak," tulis Suty Karno dalam unggahan di Instagram Story.

"Selamat jalan Mak Nyak.. cintaku selalu untukmu," tulis Cornelia Agatha dalam unggahan Instagram Story.

Kalimat perpisahan juga turut diungkapkan oleh Maudy Koesnaedi, aktris yang berperan sebagai Zaenab dalam Si Doel.

Maudy meminta maaf tidak bisa ikut mengantar Aminah ke tempat peristirahatan terakhir lantaran sedang berada di Amsterdam, Belanda.

"Maafin Zaenab baru aja mendarat di Amsterdam sama keluarga. Maafin Zaenab enggak bisa ikutmelepas Nyak jalan dan nganter Nyak pulang," kata Maudy lewat Instagram Story.

"Terima kasih Nyak buat kebaikan hatinya dari hari pertama Zaenab bergabung di Keluarga Doel sampai detik terakhir kita ketemu. Terima kasih sudah menjadi penyemangat untuk Zaenab tetap berada bersama Keluarga Doel," lanjutnya.

CNNIndonesia.com telah meminta izin kepada Suty Karno, Cornelia Agatha, dan Maudy Koesnaedi untuk mengutip unggahan tersebut. 

Aminah Cendrakasih lahir pada 29 Januari 1938 dan merupakan putri dari aktris Indonesia, yaitu Wolly Sutinah.

Kiprah dirinya dalam industri film mulai dikenal usai membintangi film Serampang 12 pada 1956 dan Asrama Dara pada 1958.

Aminah Cendrakasih juga sempat membintangi film legendaris Habis Gelap Terbitlah Terang yang tayang pada 1959. Pada tahun yang sama, dia menikah dengan Idris Permana. Namun, sang suami meninggal lebih dulu pada 1986.

Selama berkarier sejak 1955 hingga 1989, tak kurang dari 101 judul film telah Aminah Cendrakasih bintangi.

Bukan hanya di layar lebar, namanya di dunia layar kaca melambung setelah berperan sebagai ibu dari Doel dalam Sinetron Si Doel Anak Sekolahan.

Sinetron yang disutradarai Rano Karno itu populer di era-90an dan merupakan salah satu serial legendaris seiring dengan perkembangan televisi swasta di Indonesia.

Panggilan Mak Nyak dalam sinetron itu kemudian lekat pada dirinya hingga sekarang.

Di masa tuanya, Aminah harus berjuang melawan penyakit glukoma yang dideritanya selama 13 tahun hingga menyebabkan kebutaan pada kedua matanya. Dia juga mengalami kesulitan ekonomi di masa tuanya.

Namun, semangat Aminah Cendrakasih dalam berakting sebagai Mak Nya ktak pudar meski tak bisa membaca naskah. Pada 2018, ia membuktikan diri masih bisa berakting dalam film Si Doel The Movie meski hanya dalam kondisi berbaring.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami