search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tujuh Senjata Canggih AS-Sekutu Bantu Ukraina Pukul Mundur Pasukan Rusia
Kamis, 5 Januari 2023, 09:35 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Tujuh Senjata Canggih AS-Sekutu Bantu Ukraina Pukul Mundur Pasukan Rusia

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Pada 31 Desember lalu, Ukraina menggempur habis-habisan pasukan Rusia di negara itu. Menurut laporan, ratusan tentara tewas dalam serangan tersebut. Pemerintah Kyiv melaporkan setidaknya 400 tentara Moskow di Makiivka, Donetsk, tewas dalam serangan akhir tahun itu.

Di hari yang sama, Ukraina juga menyerang pasukan Rusia di Chulakivka, Kherson. Imbas gempuran ini sekitar 500 tentara tewas.

Ukraina disebut menggunakan rudal buatan Amerika Serikat (AS) untuk menggempur pasukan Rusia. Selama invasi berlangsung, sekutu Washington banyak mengirim senjata ke pemerintah Kyiv.

Berikut deret senjata AS dan para sekutunya yang mampu membantu Ukraina menggebuk pasukan Rusia.

1. HIMARS

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Rusia menyebut pasukan Ukraina menggunakan rudal High Mobility Artillery Rocket System (HIMARS) untuk menggempur pasukan mereka.

"Empat roket dengan daya ledak tinggi menghancurkan bangunan yang menjadi pangkalan tentara Rusia. Ledakan dari rudal HIMARS menjadi penyebab gedung ambruk," lanjut Kemenhan Rusia seperti dikutip dari CNN.

2. Howitzer M777

Pada Juli lalu, pasukan Ukraina menembakkan meriam Howitzer M777 yang dikirim dari AS. Senjata ini mampu menjangkau sasaran sejauh 24 hingga 30 kilometer. Tak hanya AS, Kanada juga mengirim Howitzer M777 ke Ukraina.

3. Anti-Tank

Negara Barat juga mengirim berbagai jenis anti-tank untuk membantu Ukraina melawan Rusia. Beberapa senjata itu di antaranya sistem pertahanan udara portabel, MANPADS, Next generation Light Anti-tank Weapon (NLAW), peluru kendali anti kapal Harpoon, rudal anti-tank Javelin, hingga rudal anti pesawat Cheetah.

4. Kendaraan Lapis Baja

Inggris mengirim kendaraan lapis baja, Mastiff, ke Ukraina. Kendaraan ini bisa mengangkut dua kru dan delapan personel, demikian dikutip Al-Jazeera.

Australia juga mentransfer kendaraan lapis baja M113 dan kendaraan lapis baja penggerak Bushmaster.

5. Helikopter

AS dan Republik Ceko telah mengirim helikopter Mi-24 ke pemerintahan Kyiv.

6. Tank

Ukraina juga telah menerima sekitar 230 unit tank dari pemerintah Polandia dan Republik Ceko, seperti dikutip dari BBC.

7. Drone

Turki juga mengirim drone Bayraktar TB2 ke Ukraina. Pesawat tak berawak itu sempat menjadi sorotan usai pasukan Ukraina menggunakan drone ini dan berhasil menghancurkan sistem artileri dan kendaraan lapis baja Rusia.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami