search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
1001 Manfaat Penggunaan Software HRIS di Perusahaan
Senin, 27 Maret 2023, 19:01 WITA Follow
image

beritabali/ist/1001 Manfaat Penggunaan Software HRIS di Perusahaan.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Perkembangan dalam bidang teknologi kini semakin pesat dan menghadirkan banyak kemudahan kepada masyarakat dalam melakukan kegiatan sehari-hari. 

HRIS (Human Resource Information System) merupakan salah satu hasil produk dari perkembangan yang terjadi di bidang teknologi. Sistem ini sendiri hadir untuk memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam melakukan kegiatan pengelolaan karyawan.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai apa itu HRIS, jenis, hingga manfaatnya bagi perusahaan, simak penjelasan artikel berikut ini sampai tuntas ya!

Apa itu HRIS?

Pengertian HRIS menurut LinovHR adalah sebuah sistem yang menggabungkan antara sistem teknologi dan pengelolaan sumber daya manusia yang mampu mengotomatisasi, menyimpan, dan memproses pengelolaan informasi karyawan di satu sistem yang terpusat.

Penggunaan HRIS di perusahaan sendiri bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada HRD perusahaan dalam meningkatkan performa yang dimiliki oleh para karyawan. 

Dengan menggunakan sistem ini, para HRD tidak perlu lagi sibuk atau berkutat dengan tugas administrasi yang dikenal dapat memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak. 

Dalam hal ini, para HRD dapat fokus kepada tugas lain yang lebih bersifat strategis demi perkembangan kualitas SDM.

Seperti yang Anda ketahui, karyawan merupakan salah satu komponen terpenting dari operasional perusahaan. Kualitas dan kinerja yang dimiliki oleh karyawan akan dipengaruhi dengan bagaimana perusahaan mengelola karyawan.

Maka dari itu, penggunaan sistem HRIS di dalam perusahaan akan menghadirkan banyak manfaat terhadap berbagai pihak, baik bagi manajemen perusahaan, HRD perusahaan, hingga karyawan itu sendiri.

Manfaat HRIS Bagi HRD Perusahaan

Melalui pengertian HRIS yang sudah dijelaskan di atas, sebenarnya Anda sudah dapat mengetahui sekilas mengenai manfaat dari penggunaan HRIS di sebuah perusahaan. 

Adapun beberapa manfaat lainnya dari penggunaan sistem HRIS di dalam perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Dapat Mengotomatisasi Tugas Repetitif

Penggunaan sistem HRIS dapat mengotomatisasi seluruh tugas administrasi seorang HRD, mulai dari penggajian, rekapitulasi absen, pengadaan survei kinerja, dan lain sebagainya dengan waktu yang sangat singkat.

2. Mengurangi Human Error

Selain itu, penggunaan sistem HRIS di dalam perusahaan juga dapat membantu HRD untuk meminimalisir terjadinya kesalahan seperti human error berkat adanya otomatisasi sistem.

3. Membantu HRD untuk Mengambil Keputusan

Ternyata, penggunaan sistem HRIS di dalam perusahaan juga dapat membantu seorang HRD dalam mengambil sebuah keputusan.
 
Hal ini dapat terjadi, karena sistem HRIS dapat menyimpan seluruh data dan informasi yang dimiliki oleh karyawan secara akurat serta valid dalam sebuah laporan. 

Rekomendasi Aplikasi HR

Dalam sistem HRIS, terdapat beberapa aplikasi HR dengan berbagai macam fitur dan fungsi yang berbeda-beda. 

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aplikasi HR yang dapat memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan kegiatan administrasi dan operasional karyawan.

1. Aplikasi HR Absensi

Aplikasi absensi merupakan salah satu aplikasi yang dapat memudahkan HR perusahaan dalam melakukan rekapitulasi absen karyawan. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat memudahkan karyawan dalam melacak maupun memonitoring kegiatan absensi yang dilakukannya.

2. Aplikasi HR Learning Management System 

Aplikasi LMS atau Learning Management System dapat membantu HR perusahaan dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan pelatihan atau pembelajaran yang diperlukan oleh para karyawan. 

3. Aplikasi HR Performance

Aplikasi HR performance dapat memudahkan HR dalam melakukan penilaian terhadap kinerja karyawan secara lengkap dan jelas. Sehingga manajemen perusahaan dapat melakukan controlling dan mengambil berbagai keputusan bisnis yang tepat.

Itulah informasi mengenai manfaat dari penggunaan HRIS di dalam perusahaan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/adv



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami