search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Loka POM Buleleng Temukan Sampel Makanan Takjil Mengandung Boraks
Rabu, 5 April 2023, 21:05 WITA Follow
image

beritabali/ist/Loka POM Buleleng Temukan Sampel Makanan Takjil Mengandung Boraks.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BULELENG.

Loka Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kabupaten Buleleng Rabu 5 April 2023 melaksanakan kegiatan pengawasan takjil di Kota Singaraja pada dua lokasi, di jalan Imam Bonjol dan Jalan Jeruk, Singaraja serta melakukan pemeriksaan makanan melalui uji sampel.

Kegiatan pengawasan takjil di Kota Singaraja dipimpin langsung oleh Kepala Loka POM Kabupaten Buleleng Rai Gunawan, S.Farm., Apt.,dan dihadiri oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, Gede Putra Aryana serta perwakilan dari Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMK, anggota Tim Penggerak PKK, anggota Dharma Wanita Persatuan, dan Saka Pramuka POM Buleleng.

Dalam pengawasan itu, dilakukan pembelian sebanyak 19 sampel takjil dari 2 tempat yang berbeda, di jalan Imam Bonjol dan Jalan Jeruk, Singaraja. Dari 19 (sembilan belas) sampel yang diuji dengan 4 parameter diantaranya Formalin, Boraks, Rhodamin B dan Methanyl Yellow. 

“Ditemukan tiga sampel yang mengandung Boraks atau Bleng, yaitu krupuk,” papar Kepala Loka POM Buleleng, Rai Gunawan.

Kandungan boraks atau bleng yang ditemukan itu merupakan salah satu bahan yang sering disalahgunakan pada pangan, dimana kegunaan boraks atau bleng adalah sebagai pengawet kayu, yang apabila dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan organ pada tubuh manusia.

“Sebagai tindak lanjut, petugas memberikan pembinaan kepada penjual agar tidak menjual kembali produk-produk yang mengandung boraks atau bleng. Selain itu, petugas juga mencari informasi dari penjual terkait produsen yang membuat produk-produk tersebut guna penelusuran lebih lanjut,” tutup Rai Gunawan.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bul



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami