search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Alasan Ponpes Gontor Tetapkan Idulfitri Jumat 21 April
Kamis, 20 April 2023, 17:22 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Alasan Ponpes Gontor Tetapkan Idulfitri Jumat 21 April

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Juru bicara Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Noor Syahid menjelaskan alasan pihaknya menetapkan 1 Syawal atau Hari Raya Idulfitri 1444 H, pada Jumat (21/4) besok.

Syahid mengatakan pertimbangannya adalah Pesantren Gontor dan para pimpinannya telah meyakini bahwa Idulfitri akan jatuh besok.

"InsyaAllah, iya benar. Pertimbangannya, keyakinan bahwa besok sudah Idulfitri," kata Syahid saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, Kamis (20/4).

Ketentuan Gontor ini, kata dia, juga tidak mengecilkan argumen antara dua organisasi Islam, yakni Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, yang berbeda pandangan tentang penentuan Idulfitri.

"Tidak mengecilkan, merendahkan, menyepelekan dua perbedaan tanggal oleh dua ormas yang sama-sama fanatik, ta'assub," ucapnya.

Meski keputusan ini sama dengan Muhammadiyah, pihaknya menegaskan itu tak berarti mendukung keputusan ormas Islam yang didirikan KH Ahmad Dahlan itu.

"Meskipun sama dengan salah satu pendapat, bukan berarti mendukung, tetapi ikhlas keluar dari perbedaan, alkhuruuj minal khilaf," ujarnya.

Pesantren Gontor, kata dia, memiliki keyakinannya sendiri dalam menetapkan akhir Ramadan dan awal Syawal. Mereka menuruti apa fatwa para kiai.

"InsyaAllah betul, dan dalam penetapannya kami ikut dawuh kiai atau pimpinan," kata salah satu pengasuh Pondok Pesantren Gontor, Riza Azhari.

Pengasuh Ponpes Gontor Muhammad Akrim Mariyat menambahkan pihaknya "tidak menghitung sendiri dan juga tidak ru'yah sendiri."(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami