search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Israel Tuntut Hak Bisa Ikut Bertanding di World Beach Games Bali
Rabu, 3 Mei 2023, 11:13 WITA Follow
image

bbn/viva.co.id/Israel Tuntut Hak Bisa Ikut Bertanding di World Beach Games Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Setelah atlet Israel diputuskan tidak ikut serta dalam ANOC World Beach Games (AWBG) 2023, kini muncul tuntutan Komite Olimpiade Israel untuk tampil dalam ajang olah raga internasional tersebut di Bali.

 Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Dito Ariotedjo, sebelumnya telah mengatakan bahwa Israel tidak termasuk dalam 69 negara yang berpartisipasi dalam pertemuan Chef de Mission (CdM) Meeting 2nd ANOC World Beach Games 2023. 

"Sudah, aman. Tidak ada masalah, komite Olimpiade sudah merilis negara yang ikut pada 27 April. Saya tidak melihat nama Israel. Jadi tidak menjadi polemik, clear tidak ada penolakan," kata Menpora. 

Hal tersebut rupanya membuat Israel berang. Mereka bakal menuntut hak mereka kepada Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC) agar tetap bisa berpartisipasi dalam ajang yang digelar di Bali. 

"Setelah banyak percakapan dengan ketua Komite Olimpiade Internasional dalam beberapa bulan terakhir, sebuah surat dikirimkan kepada Presiden dan CEO ANOC yang mengklarifikasi bahwa atlet Israel akan berpartisipasi dalam ANOC hanya jika mereka diberi kondisi yang sama kepada orang-orang dari negara lain," terang Komite Olimpiade Israel dilansir Ynet News. 

"Perlu dicatat bahwa IOC terus berhubungan dengan kami mengenai masalah ini, dan kami yakin bahwa mereka akan menjunjung kesetaraan dan hak Negara Israel untuk bersaing dalam kompetisi apa pun di seluruh dunia, seperti yang telah dilakukan sepanjang tahun," tandas mereka.

Sebelumnya, Piala Dunia U-20 2023 batal digelar di Indonesia karena banyaknya penolakan terhadap Timnas Israel. Ajang ini akhirnya digelar di Argentina. 

Gubernur Bali Wayan Koster tetap keukeuh melarang Israel tampil di World Beach Games 2023. Dia tetap berlandaskan pada konstitusi. 

"Saya tegaskan berita ini tidak benar, sikap saya tetap konsisten menolak kehadiran Tim Israel dalam World Beach Games di Bali tahun 2023," kata Koster dalam pernyataan tertulis. (sumber: viva.co.id)

Editor: Robby

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami