search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tujuh Kebiasaan Pagi Agar Tulang Lebih Kuat, Minum Air Putih dan Berjemur
Selasa, 30 Mei 2023, 06:00 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Tujuh Kebiasaan Pagi Agar Tulang Lebih Kuat, Minum Air Putih dan Berjemur

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kebiasaan Anda mempengaruhi kesehatan tulang Anda. Oleh karenanya, simak kebiasaan pagi agar tulang Anda lebih kuat.

Tulang bekerja keras untuk memungkinkan tubuh tegap, lincah bergerak, dan memastikan organ vital terlindungi. Namun seiring pertambahan usia, tulang bisa semakin lemah dan rapuh jika kurang memperhatikan kebiasaan sehari-hari.

"Tidak pernah terlalu dini atau terlambat untuk mulai merawat tulang Anda," ujar Christopher Sforzo, ahli bedah ortopedi yang berbasis di Florida, seperti dilaporkan Livestrong.

Berikut kebiasaan pagi agar tulang lebih kuat.

1. Segelas air putih setelah bangun tidur

Segelas air putih di pagi hari ternyata juga menyehatkan tulang, tak hanya tubuh secara keseluruhan. Tulang sebagian terdiri dari air sehingga perlu air untuk berfungsi seperti menyimpan mineral dan produksi sel darah merah di sumsum tulang belakang.

Sebuah ulasan di Bone Report yang terbit pada 2022 menyebut tanpa hidrasi yang cukup, Anda bisa mengalami keropos tulang atau osteoporosis.

2. Sarapan kaya kalsium

Kalsium jadi salah satu nutrisi penting untuk kesehatan tulang. Penting untuk memasok asupan penuh kalsium setiap hari.

Siapkan menu sarapan yang tinggi kalsium seperti susu, keju, yogurt, jus jeruk, sayuran hijau, almond atau ikan berlemak.

3. Jangan lupa magnesium

Selain kalsium, jangan lupa dengan magnesium. Mineral satu ini juga diperlukan untuk memiliki tulang kuat dan padat.

Seperti dilansir dari DNA India, magnesium bisa diperoleh dari almond, kacang mete, kenari, dan jenis kacang-kacangan lain. Biji-bijian pun banyak mengandung magnesium.

Siapkan sarapan yogurt dengan topping kacang-kacangan dan Anda akan memiliki tulang lebih kuat.

4. Sarapan telur

Kesehatan tulang memang selalu dikaitkan dengan kalsium. Hanya saja tubuh tidak bisa menyerap kalsium dengan optimal tanpa vitamin D.

"Sayangnya, vitamin D bisa menjadi nutrisi yang sulit untuk didapat melalui diet saja, dan mengingat kemampuan Anda untuk memproduksi vitamin D menurun seiring bertambahnya usia, itu salah satu yang menjadi fokus," jelas Christopher Mohr, ahli diet, seperti dikutip dari Eat This, Not That!.

Oleh karenanya, coba tambahkan telur di menu sarapan Anda. Satu butir telur berukuran besar mengandung 44 IU vitamin D. Olah jadi telur orak-arik ditambah sayuran hijau yang kaya kalsium.

5. Olahraga sederhana

Meski asupan baik, tapi kesehatan tulang tak akan optimal tanpa olahraga. Anda tidak harus ke gym tiap pagi. Anda bisa jogging, lari, jalan kaki, atau main tenis.

"Kunci untuk segala usia dan kondisi adalah melakukan latihan menahan beban yang juga memberi sinyal pada sistem endokrin Anda untuk mengeluarkan enzim yang tepat yang dapat memastikan kesehatan tulang yang tepat," kata Mark Slabaugh, ahli bedah ortopedi di Baltimore, Maryland.

6. Berjemur

Berjemur sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik terutama tulang. Benar bahwa kulit yang terpapar matahari akan memicu reaksi kulit untuk membentuk vitamin D.

7. Ngopi boleh tapi..

Kopi buat sebagian orang sudah jadi bagian dari ritual pagi. Sebenarnya sah-sah saja tapi sebaiknya tidak terlalu banyak.

Ada banyak studi yang masih memperdebatkan efek kafein pada kesehatan tulang. Kafein dikaitkan dengan hilangnya kalsium bersama urine. Oleh karenanya, disarankan untuk menjaga konsumsi kopi tidak lebih dari tiga cangkir per hari.

"Namun, penting untuk dicatat bahwa asupan kafein berlebihan dapat mengganggu penyerapan kalsium, jadi sebaiknya konsumsi kafein dalam jumlah sedang dan pastikan asupan kalsium yang cukup dari sumber makanan atau suplemen sepanjang hari," jelas Lalitha McSorley, fisioterapis di Calgary, Kanada.

Itulah 7 kebiasaan di pagi hari agar tulang Anda lebih kuat.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami