search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jet Tempur Cina Bentrok dengan Pesawat AS di LCS
Rabu, 31 Mei 2023, 15:25 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Jet Tempur Cina Bentrok dengan Pesawat AS di LCS

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Amerika Serikat (AS) menyatakan sebuah jet tempur Cina melakukan manuver "agresif yang tidak perlu" di dekat pesawat militer AS di atas Laut Cina Selatan di wilayah udara internasional.

Dalam sebuah pernyataan, Selasa (30/5/2023), komando militer Amerika Serikat yang bertanggung jawab atas Indo-Pasifik mengatakan pesawat J-16 Cina melakukan manuver pada minggu lalu dan memaksa pesawat RC-135 AS untuk terbang melalui turbulensinya.

"Amerika Serikat akan terus terbang, berlayar, dan beroperasi, dengan aman dan bertanggung jawab, di manapun hukum internasional mengizinkan," kata pernyataan itu, dilansir Reuters.

Sebuah video menunjukkan jet tempur melintas di depan hidung pesawat AS dan kokpit RC-135 bergetar dalam turbulensi.

Kedutaan Cina di Washington tidak segera menanggapi permintaan komentar. Sebelumnya, Cina mengatakan bahwa Amerika Serikat yang mengirim kapal dan pesawat ke Laut Cina Selatan tidak baik untuk perdamaian di wilayah tersebut.

Kejadian seperti itu kadang-kadang terjadi. Pada Desember, sebuah pesawat militer Cina datang dalam jarak sekitar 3 meter dari pesawat Angkatan Udara AS dan memaksanya melakukan manuver mengelak untuk menghindari tabrakan di wilayah udara internasional.

Pertemuan itu mengikuti apa yang disebut Amerika Serikat sebagai tren baru-baru ini tentang perilaku yang makin berbahaya oleh pesawat militer China.

Insiden itu terjadi sebelum Cina menolak permintaan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin untuk bertemu di sela-sela KTT Keamanan Asia Dialog Shangri-La di Singapura minggu ini.

Seorang pejabat senior pertahanan AS, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan bahwa sejak 2021 Cina telah menolak atau tidak menanggapi lebih dari selusin permintaan untuk berbicara dengan Pentagon.

Hubungan antara Cina dan Amerika Serikat memang tegang, dengan gesekan antara dua ekonomi terbesar dunia atas segala hal mulai dari Taiwan dan catatan hak asasi manusia Cina hingga aktivitas militernya di Laut Cina Selatan.(sumber: cnbcindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami