search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Tujuh Cara Alami Menurunkan Gula Darah, Ampuh Tanpa Obat
Rabu, 7 Juni 2023, 17:13 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Tujuh Cara Alami Menurunkan Gula Darah, Ampuh Tanpa Obat

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Kadar gula darah tinggi atau dikenal sebagai hiperglikemia bisa memicu diabetes. Kondisi ini jika dibiarkan bisa berakibat pada serangan jantung, gagal jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Ternyata, ada beberapa langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kadar gula darah secara alami. Berikut paparannya dilansir Grady Health.

1. Konsumsi makanan mengandung kromium dan magnesium

Kadar gula darah tinggi terkait dengan kekurangan mineral seperti kromium dan magnesium yang berperan dalam mengatur gula darah.

Konsumsilah makanan kaya kromium seperti daging, buah, sayuran, dan kacang-kacangan. Serta makanan kaya magnesium termasuk sayuran berwarna hijau gelap, labu, tuna, biji-bijian, pisang, dan kacang-kacangan.

2. Batasi asupan karbohidrat

Anda dapat membantu tubuh mengontrol gula darah dengan memantau asupan karbohidrat. Mengurangi asupan karbohidrat membantu mencegah lonjakan gula dan memiliki manfaat jangka panjang untuk kesehatan tubuh.

3. Konsumsi lebih banyak serat

Serat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula tubuh. Semua jenis serat baik untuk tubuh, namun serat larut paling baik untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Rajin mengonsumsi makanan tinggi serat juga membantu mencegah diabetes tipe 1 dengan membantu tubuh mengatur gula darah. Konsumsilah makanan berserat tinggi termasuk buah, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

4. Minum banyak air

Minum banyak air membantu ginjal membuang kelebihan gula. Satu studi menemukan bahwa orang yang minum lebih banyak air menurunkan risiko menderita kadar gula darah tinggi. 

5. Makan dengan porsi sedang

Mengontrol porsi makan ternyata dapat membantu mengurangi kalori yang Anda makan dan membantu Anda mempertahankan berat badan. Mengontrol berat badan bermanfaat dalam menjaga kadar gula darah yang sehat dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

6. Kelola stres

Stres juga memengaruhi kadar gula darah. Olahraga, teknik relaksasi, dan meditasi dapat membantu mengurangi stres dan kadar gula darah.

7. Tidur yang cukup

Kebiasaan tidur yang buruk dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan berat badan, yang pada akhirnya memengaruhi gula darah. Kurang tidur meningkatkan kadar kortisol yang penting untuk mengelola gula darah.(sumber: cnbcindonesia.com)


 

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami