search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bupati Dana dan Wabup Artha Dipa Lepas Peserta Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai
Selasa, 15 Agustus 2023, 19:38 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bupati Dana dan Wabup Artha Dipa Lepas Peserta Napak Tilas Perjuangan I Gusti Ngurah Rai.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Sebanyak 29 regu mengikuti Napak Tilas/Pelacakan route perjuangan Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai yang sempat ditiadakan selama masa Pandemi Covid 19. 

Pelacakan ini merupakan kegiatan menjelang HUT Proklamasi ke- 78 RI di Karangasem. Kegiatan pelacakan dilepas Bupati Karangasem I Gede Dana bersama Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa, Selasa (15/8) di Tugu Tonggak Perjuangan Dusun Pemuteran Desa Pempatan Kecamatan Rendang.

Regu yang ikut serta terdiri dari Putra 20 regu dan Putri  9 Regu dari sekolah SMA Negeri  Se Kab. Karangasem dengan melibatkan anggota keseluruhan sebanyak 200 orang.

Sebelum Upacara, terlebih dahulu dilaksanakan persembahyangan bersama di Tugu Tonggak Pahlawan Perjuangan I Gusti Ngurah Rai yang di Puput oleh Jro Mangku serta diikuti para undangan juga warga setempat.  

Usai persembahyangan dilanjutnya dengan upacara Apel Penelusuran Sejarah Perjuangan Pahlawan  I Gusti Ngurah Rai dengan  Inspektur Upacara yang dipimpin langsung  oleh Bupati Karangasem I Gede Dana.Komandan upacara dikomandani oleh Kapten Infantri.Danramil 1623/03 Rendang, I Wayan Jayantara.

Pelacakan tahun ini, disamping diikuti oleh para pelajar, terdapat juga regu penyapu ranjau diantaranya terdiri dari TNI, Polisi, Orari, SAR,POL PP, RAPI dan TAGANA. 

Rute napak tilas dimulai dari Dusun Pemuteran menuju penginapan di SD 2 Sebudi Selat kemudian keesokan harinya dilanjutkan menuju Tanah Aron, terus menuju Pura Laga dan peserta akan menginap di Pura Laga. 

Kemudian Besoknya perjalanan dilanjutkan tanggal 17 Agustus 2023 menuju Gedung Yasa Kerti Amlapura untuk mengikuti persiapan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 tanggal 17 Agustus 2023 yang akan digelar di Lapangan Tanah Aron, Amlapura. 

Bupati Gede Dana dalam arahannya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap nilai-nilai perjuangan serta meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta wawasan kebangsaan Nasional. Kegiatan pelacakan ini merupakan salah satu wujud nyata terhadap penghayatan nilai-nilai perjuangan dari jasa para pahlawan Nasional yang telah rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk kemerdekaan Bangsa ini. 

"Sebagai generasi penerus perjuangan bangsa, merasa berkewajiban untuk melanjutkan atau meneruskan cita-cita para pahlawan dalam bentuk berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi Bangsa dan Negara," imbuhnya.

Bupati Dana juga mengatakan,kegiatan ini adalah sebagai salah satu wujud penghargaan dalam upaya peningkatan kesadaran tentang nilai-nilai perjuangan terhadap jasa Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. 

"Jadikanlah kegiatan ini sebagai kilas balik penghayatan kita terhadap hikmah perjuangan para pendahulu yang telah kita warisi bersama, kemudian mari kita isi kemerdekaan ini dengan berbagai pembangunan untuk dapat diwariskan kepada anak cucu kita," ujarnya.

Wabup Artha Dipa saat melepas peserta Napak tilas menambahkan harapannya, semoga peringatan ini dapat memberikan kekuatan moral dan mampu menyegarkan tekad persatuan dan kesatuan pada setiap insan Bangsa Indonesia umumnya masyarakat Kabupaten Karangasem khususnya, sehingga kita dapat meningkatkan kualitas hidup yang bersih, cerdas serta bermartabat.

Upacara pelepasan Napak Tilas ini juga dihadiri , Sekda I Ketut Sedana Merta , Para Veteran dan para Kepala OPD dan Siswa SD, SMP dan SMA.

Editor: Robby

Reporter: Humas Karangasem



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami