search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter Membentang di Dasar Laut Tulamben
Kamis, 17 Agustus 2023, 16:23 WITA Follow
image

beritabali/ist/Bendera Merah Putih Sepanjang 78 Meter Membentang di Dasar Laut Tulamben.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, KARANGASEM.

Bendera merah putih sepanjang 78 meter membentang di dasar laut Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem pada peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78 tahun 2023.

Bendera itu dibentangkan usai kegiatan upacara pengibaran bendera bawah laut di Pantai Tulamben serangkaian peringatan hari kemerdekaan RI yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XV, Direktorat Jenderal Kebudayaan bersama satuan Brimob Polda Bali pada Kamis, (17/8/2023).

Ahmad Mahendra selaku Direktur Perfileman, musik dan media, Dirjen Kebudayaan, Kemendikbudristek pengibaran bendera merah putih dibawah laut ini dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI sekaligus sebagai upaya melestarikan dan menjaga peninggalan sejarah yang terdapat di pantai Tulamben salah satunya yaitu ikon kapal Liberty yang karam puluhan tahun silam.

"Kami berharap semua pihak dapat menjaga dan melestarikan peninggalan bersejarah yang ada di Pantai Tulamben. Sehingga nantinya bisa tetap lestari untuk dinikmati oleh generasi mendatang serta sebagai daya tarik wisatawan," kata Mahendra kepada wartawan. 

Dalam upacara pengibaran bendera tersebut juga melibatkan 17 komunitas penyelam dari seluruh Indonesia dengan jumlah penyelam yang terlibat sebanyak 48 orang. Upacara berlangsung di kedalaman 6 meter pada kawasan situs kapal Liberty dengan tiang setinggi 17 meter dengan posisi 11 meter di atas permukaan laut dan 6 meter di bawah laut. 

Selain itu, saat upacara tim penyelam juga diatur menjadi tiga barisan menyesuaikan tanggal bulan dan tahun peringatan hari kemerdekaan RI yaitu 17, 8 dan 23. 

Seluruh rangkaian kegiatan relatif berjalan aman dan lancar kendati kondisi arus di perairan Tulamben cukup kencang namun dengan perecanaan dan latihan yang matang seluruh prosesnya berjalan sesuai dengan yang diharapkan. 

"Kegiatan berjalan lancar, sebelumnya kita sudah lakukan persiapan dengan beberapa kali latihan dilokasi pengibaran," kata Komandan Satuan Brimob Polda Bali, Kombespol Firdaus Wulanto. 

Di akhir kegiatan upacara bendera bawah laut peringatan HUT ke-78 RI, kelompok nelayan setempat juga turut ambil bagian meriahkan hari kemerdekaan parade jukung hias.

Editor: Robby

Reporter: bbn/krs



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami