search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Apa Itu Patroli Biru yang Digencarkan Polda Bali?
Minggu, 20 Agustus 2023, 19:06 WITA Follow
image

beritabali/ist/Apa Itu Patroli Biru yang Digencarkan Polda Bali?

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Belum banyak yang mengetahui apa itu Blue Light Patrol atau "Patroli Biru." Kegiatan patroli kepolisian ini merupakan salah satu penekanan Kapolda Bali Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra,  S. IK., M. Si., untuk menyalakan lampu biru (lampu rotator/strobo) kendaraan dinas pada malam hari dan berpatroli di daerah-daerah rawan gangguan kamtibmas. 

Menindaklanjuti hal itu, Polsek Denpasar Utara, Polsek Denpasar Barat dan personel Unit Pamwisata Satpamobvit Polresta Denpasar menggencarkan Blue Light Patrol, pada Sabtu 20 Agustus 2023 dini hari. Patroli biru ini serentak dilaksanakan guna menekan aksi-aksi kejahatan di malam hari. 

Menurut Kapolsek Denpasar Utara, Iptu I Putu Carlos Dolesgit, S.H., M.H., pihaknya melaksanakan Blue Light Patrol dengan menyasar kawasan daerah tujuan wisata. Tujuan dari patroli biru ini guna mencegah tindak kriminalitas, seperti maling, jambret dan lain sebagainya. 

"Blue Light Patrol melakukan pencegahan gangguan keamanan, berupa pemeriksaan identitas, pengecekan barang bawaan dan kendaraan, serta mengedukasi masyarakat, agar melihat waktu serta peduli keamanan dengan tidak berada di tempat-tempat yang dianggap rawan hingga dini hari," jelas Iptu Carlos, pada Sabtu 20 Agustus 2023. 

Patroli Biru ini juga dilaksanakan Polsek Denpasar Barat. Belasan personel menelusuri pusat-pusat keramaian, pusat perkantoran, objek vital hingga daerah yang dianggap rawan kejahatan. 

"Patroli ini dilaksanakan guna mengantisipasi tindak kejahatan seperti curat, curas dan curanmor," ujar Kapolsek Denpasar Barat Kompol I Gusti Agung Made Ari Herawan. 

Dijelaskannya, patroli ini dilaksanakan secara rutin dan dirasa sangat efektif untuk menekan angka kriminalitas dan gangguan kamtibmas lainnya. Terlebih, apabila ada seseorang yang mempunyai niat untuk melakukan aksi kriminalitas namun melihat mobil Polisi yang sedang patroli, pasti pelaku kriminalitas tidak akan melancarkan aksinya.

Bagian lain, personil Unit Pamwisata Satpamobvit Polresta Denpasar dipimpin oleh Kasat Pamobvit Polresta Denpasar Kompol Made Dayendra melaksanakan patroli di kawasan obyek wisata Sanur, pada Sabtu 19 Agustus 2023 malam. 

Selain melaksanakan patroli, pihaknya juga aktif memberikan himbauan dan pesan kamtibmas kepada masyarakat maupun wisatawan untuk selalu menjaga keamanan diri sendiri maupun barang bawaan saat bepergian utamanya malam hari. 

"Kami dari kepolisian berharap agar kawasan obyek wisata secara keseluruhan dalam keadaan aman, nyaman, dan kondusif," pintanya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/bgl



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami