search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ini Planet Terbesar di Jagat Raya, Ternyata Bukan Jupiter
Rabu, 23 Agustus 2023, 13:25 WITA Follow
image

beritabali.com/cnbcindonesia.com/Ini Planet Terbesar di Jagat Raya, Ternyata Bukan Jupiter

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jupiter, planet terbesar di tata surya, ternyata jauh lebih 'mungil' dibandingkan banyak planet ekstrasurya lainnya. Salah satu planet berhasil teridentifikasi memiliki ukuran jauh lebih besar dari Jupiter.

Sebagai informasi, Jupiter memiliki lebar 11 kali dari Bumi. Ini menjadikan raksasa gas itu sebagai planet terbesar yang selama ini diketahui.

Sebelum mengetahui planet-planet yang lebih besar dari Jupiter, kita perlu tahu ada dua hal yang perlu diperhitungkan saat mempertimbangkan ukuran sebuah planet. Yakni terkait lebar dan massanya.

Dari segi lebar, ukuran terbesar planet ekstrasurya adalah dua kali jari-jari Jupiter. Salah satunya adalah raksasa HAT-P-67b.

Namun dari segi massa, planet tersebut mengandung gas jadi kurang padat dibandingkan planet lainnya. Peneliti planet ekstrasurya pasca doktoral di Universitas Jenewa, Solene Ulmer-Moll mengatakan HAT-P-67b memiliki kepadatan sangat rendah yakni hanya sepertiga massa Jupiter, dikutip dari Live Science, Selasa (22/8/2023).

Sementara itu HD-39091b yang berjarak 60 tahun cahaya dari Bumi, memiliki massa yang lebih besar dari Jupiter. Yakni mencapai 12,3 kali lebih besar.

Live Science mencatat lebar sebuah planet dan massanya saling berkait. Namun tidak selalu mesti ada hubungan antara dua hal tersebut.

Menurut laman tersebut, karena tiap planet memiliki kepadatan yang berbeda-besar. Artinya planet raksasa gas bermassa rendah bisa mengembang hingga memiliki ukuran yang sama dengan planet yang lebih berat.

Sementara untuk planet berbatu kebanyakan tidak pernah lebih besar dari Jupiter. Namun planet tersebut terkadang berukuran lebih besar, hingga dua kali dari Bumi.(sumber: cnbcindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami