search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Jet Tempur Siluman F-35 Hilang Saat Latihan Rutin, AS Panik
Selasa, 19 September 2023, 00:05 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Jet Tempur Siluman F-35 Hilang Saat Latihan Rutin, AS Panik

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DUNIA.

Jet tempur siluman paling canggih buatan Amerika Serikat, F-35, hilang saat latihan di langit dekat Charleston, South Carolina, Minggu (17/9).

Situasi itu membuat Pentagon panik dan meminta publik untuk ikut membantu pencarian keberadaan jet tempur F-35 tersebut yang hilang.

Beberapa saat sebelum hilang, pilot sempat melaporkan sejumlah masalah pada F-35 tersebut.

Pilot kemudian memutuskan keluar dari jet tempur siluman yang bermasalah itu dengan menggunakan kursi lontar otomatis. Jet tersebut dilaporkan tetap terbang dengan mode autopilot, setelah pilot terlontar ke luar.

Kondisi pilot sendiri selamat dan langsung dibawa ke pangkalan Charleston, demikian pernyataan pihak markas gabungan Charleston dalam akun Facebook, seperti dikutip dari CNN.

Posisi terakhir jet tempur itu berada di dekat Danau Moultrie dan Danau Marion, di wilayah utara kota Charleston.

Pihak pangkalan pangkalan gabungan Charleston pun kini meminta bantuan kepada publik untuk ikut mencari keberadaan F-35 yang hilang.

"Publik diminta bekerja sama dengan otoritas militer dan sipil di tengah upaya (pencarian) terus dilakukan," demikian pernyataan dari pangkalan gabungan Charleston, seperti dikutip dari CNN.

Jet F-35 yang kini hilang merupakan bagian dari unit latihan tempur marinir skadron 501. Unit itu fokus pada pelatihan para pilot untuk memenuhi syarat pelatihan sesuai standar pertempuran udara.

Sementara itu, bukan kali pertama jet tempur super canggih AS mengalami masalah. Pada Januari 2023, jet F-35 tersebut pernah bermasalah sampai jatuh ke laut ketika akan mendarat ke kapal induk.

AL Amerika Serikat menyatakan pilot sempat terlontar dan selamat. Beberapa marinir yang mengalami luka-luka juga selamat.

Tiga orang yang terluka dievakuasi ke Manila untuk perawatan. Sementara itu, empat marinir dirawat di USS Carl Vinson.

F-35 juga pernah mengalami masalah dalam pendaratan di Korea Selatan, tepatnya pada awal Januari 2022.

Kemudian pada November 2022, Jenis F-35 dari Inggris HMS Ratu Elizabeth jatuh ke Laut Mediterania. Pilot pesawat itu sempat terlontar namun selamat dan kembali ke kapal.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pesawat itu kemudian ditemukan.

Pada April 2019, pesawat tempur siluman F-35 Jepang jatuh di Samudra Pasifik dekat Jepang utara.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami