search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
DPRD Tabanan Sarankan Perumda Tirta Amertha Buana Tambah Sumber Mata Air Baru
Selasa, 19 September 2023, 10:03 WITA Follow
image

beritabali/ist/DPRD Tabanan Sarankan Perumda Tirta Amertha Buana Tambah Sumber Mata Air Baru.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Rencana kenaikan tarif dasar air yang dilakukan oleh Perumda Tirta Amertha Buana sebelumnya sempat ditanggapi oleh DPRD Tabanan

Pada rapat kerja dengan komisi III DPRD Tabanan perusahaan daerah yang mengelola air ini disarankan untuk menambah sumber mata air baru. 

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Komisi III DPRD Tabanan Wayan Sudiana. Selain mencari sumber mata air baru, juga disarankan untuk melakukan penghijauan di daerah hulu.

“Agar Perusahaan Daerah Tirta Amertha Buana melaksanakan penghijauan dari hulu sehingga mata air kita terjaga dan berinvestasi lahan melalui penanaman modal untuk mencari sumber mata air cadangan,” ujarnya pada Kamis, (13/9).

Selain itu, anggota Komisi III DPRD Tabanan Made Muskadana menambahkan, soal wacana kenaikan tarif air agar diimbangi dengan pelayanan pada masyarakat. “Sehingga pelayanan bisa memuaskan,” ujarnya. 

Anggota Komisi III lainnya, Putu Yuni Widyadnyani sempat mempertanyakan, terkait rencana pengadaan sumber mata air yang baru dan bagaimana inovasi dari Perumda Tirta Amertha Buana

Direktur Utama Perumda Tirta Amertha Buana I Gede Nyoman Wirah Adnyana saat itu menjelaskan, pihaknya sudah mendapatkan bantuan long storide (daur ulang) air dari Pusat di daerah Desa Sudimara dengan nilai mencapai Rp250 miliar. 

Tapi, saat ini baru terrealisasi Rp60 miliar. Sisanya akan dilanjutkan pada 2025. Dari cadangan air itu, bisa digunakan hingga 10 sampai 15 tahun ke depan.

“Kami juga mengajukan perbaikan-perbaikan sumber mata air ke Pusat. Kami juga mengantisipasi kebocoran yang timbul dan kami melaksanakan penghijauan di saat hari jadi Perumda dengan penanaman tanaman di sumber-sumber air,” ujarnya.

Wirah Adnyana juga mengungkapkan, permasalahan saat ini adalah curah hujan yang tidak menentu sehingga dibeberapa titik sumber air mengalami kekeringan. 

“Kami juga akan membuat sumur bor di kawasan-kawasan yang rentan kering,” ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: DPRD Tabanan



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami