search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Cara Mengobati Cantengan di Jempol Kaki, Redakan Bengkak dan Nyeri
Senin, 25 September 2023, 00:30 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Cara Mengobati Cantengan di Jempol Kaki, Redakan Bengkak dan Nyeri

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Cara mengobati cantengan di jempol kaki rupanya dapat dilakukan sendiri di rumah untuk mencegah terjadinya infeksi lebih lanjut.

Cantengan adalah kondisi kuku kaki yang tumbuh ke dalam sehingga menimbulkan gejala kemerahan, rasa nyeri, bengkak, bahkan terdapat nanah. Dalam bahasa medis, cantengan disebut Onychocryptosis atau ingrown toenails.

Cantengan bisa terjadi karena berbagai penyebab, antara lain:

  1. Jari kaki tersandung sehingga menimbulkan trauma di kuku kaki.
  2. Memakai sepatu yang terlalu ketat atau sempit.
  3. Memotong kuku kaki terlalu pendek atau miring.
  4. Keringat berlebihan (hiperhidrosis).
  5. Penggunaan obat-obatan tertentu.
  6. Pertumbuhan epidermal.

Sebenarnya, cantengan adalah hal yang wajar, terutama ketika Anda sering menggunakan sepatu yang terlalu ketat atau sempit. Hal tersebut membuat kaki sulit bernapas dan menghambat pertumbuhan kuku kaki.

Bahkan studi menunjukkan sekitar 20 persen orang di dunia pernah mengalami cantengan dalam hidup mereka. Meski begitu, cantengan yang dibiarkan saja dapat berujung infeksi.

Maka dari itu ketika terjadi cantengan sebaiknya segera ditangani. Apalagi ketika masih dalam kondisi yang ringan.

Sebab jika sudah serius seperti infeksi maka perlu pertolongan medis untuk dilakukan intervensi bedah.

Cara mengobati cantengan di jempol kaki

Nah, berikut cara mengobati cantengan di jempol kaki yang bisa dilakukan di rumah untuk mencegah infeksi yang lebih serius.

1. Rendam dalam air hangat

Penanganan paling mendasar ketika kaki cantengan adalah dengan merendamnya di air hangat untuk meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan.

Kemudian, tambahkan sabun untuk membersihkan area cantengan. Anda dapat pula menggunakan obat yang mengandung antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Selain itu, dapat pula ditambah dengan garam Epsom untuk memberi relaksasi di kaki. Lakukan perendaman selama 20 menit.

2. Rendam dengan cuka apel

Anda juga dapat merendam kaki yang cantengan di air hangat yang dicampur dengan cuka sari apel. Cuka apel memiliki kandungan antiseptik, anti-inflamasi, dan dapat meredakan rasa sakit.

Caranya, campurkan seperempat cangkir cuka apel ke dalam sebaskom air hangat. Lalu, rendam kaki sekitar 20 menit dan keringkan jika sudah selesai.

3. Oleskan salep antiseptik

Cara mengobati cantengan di jempol kaki selanjutnya adalah dengan mengoleskan salep antiseptik yang dijual bebas di pasaran. Salep antiseptik dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko infeksi.

Setelah salep dioleskan, sebaiknya bungkus area kaki yang cantengan sehingga salep dapat menyerap dengan lebih maksimal.

4. Minum obat pereda nyeri

Beberapa kondisi cantengan menimbulkan rasa nyeri yang luar biasa. Ketika hal ini terjadi, Anda dapat minum obat pereda nyeri yang dijual di pasaran.

Namun, jangan minum secara berlebihan, melainkan tetap sesuai anjuran konsumsi yang ada di bungkus obat atau hasil konsultasi dokter. Biasanya, obat seperti ini dapat meredakan rasa nyeri yang timbul akibat cantengan.

5. Pakai pelindung jari kaki

Anda juga dapat memakai pelindung jari kaki, yaitu semacam bantalan kecil yang digunakan pada area cantengan atau sebagai penutup seluruh jari kaki.

Tujuannya agar terhindar dari risiko infeksi. Gunakanlah sampai cantengan membaik atau proses penyembuhan selesai.

6. Gunakan sepatu yang nyaman

Saat terjadi cantengan, sebaiknya gunakan sepatu dan kaos kaki yang nyaman,sehingga tidak menambah parah kondisi cantengan.

Soalnya, alas kaki yang terlalu ketat atau sempit dapat memperburuk kondisi cantengan lantaran kuku kaki semakin tertekan. Berilah ruang yang cukup untuk kaki sehingga cantengan tidak tertekan.

7. Pakai bantalan atau pelindung kaki

Cobalah untuk menggunakan pelindung kaki, yaitu bantalan yang diletakkan antara jari kaki. Tujuannya untuk menahan jari kaki pada tempatnya dan melindungi kulit dari pertumbuhan kuku baru.

Sebagian penyangga atau pelindung kaki juga disertai dengan gel yang dapat membantu melunakkan kuku kaki agar mudah dipotong. Gunakan sesuai petunjuk sampai cantengan hilang.

Jika kondisi semakin parah, Anda dapat mempertimbangkan penanganan lebih lanjut, yaitu dengan bantuan medis di RS. Misalnya jika cantengan semakin merah, sakit berdenyut, bengkak semakin besar, bernanah, sampai menimbulkan bau busuk.

Biasanya, dokter akan memberikan obat antibiotik oral untuk mencegah infeksi. Jika tidak juga, mungkin akan dilakukan pencabutan sebagian atau seluruh kuku dengan anestesi lokal.

Itulah penjelasan mengenai cara mengobati cantengan di jempol kaki. Semoga bermanfaat.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami