search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Rebutan Suara NU, PKB Klaim Cak Imin Kalahkan Khofifah-Mahfud di Jatim
Minggu, 1 Oktober 2023, 12:12 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/Rebutan Suara NU, PKB Klaim Cak Imin Kalahkan Khofifah-Mahfud di Jatim

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Ketua DPP PKB Ahmad Iman Sukri mengklaim elektabilitas Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sebagai bakal calon wakil presiden unggul dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Menko Polhukam Mahfud MD di wilayah Jawa Timur.

Ia mengatakan survei itu dilakukan secara internal oleh PKB melalui lembaga Polmark sekitar lima bulan yang lalu.

"Kita lakukan survei seluruh Indonesia, responden 70 ribu. Nah, hasil survei di Jatim cawapres tertinggi itu Cak Imin. Itu Polmark. Kurang lebih 12-14 persen. Saya lupa. Baru Khofifah, ada Mahfud, dan lain-lain," kata Iman dalam podcast What The Fact! Politics CNN Indonesia yang tayang pada Jumat (29/9).

Selain di Jatim, Iman mengidentifikasi pasangan Anies Baswedan dan Cak Imin akan unggul di Jakarta, Sumatera, beberapa wilayah Kalimantan, hingga di Sulawesi.

Ia meyakini Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Anies memilih Cak Imin sebagai cawapres Anies dengan pertimbangan rasional.

"Karena itu berdasarkan data survei juga," kata dia.

Iman juga optimistis referensi politik warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim akan mengerucut ke PKB. Ia mengklaim selama ini konstituen PKB merupakan warga NU.

Karena itu, ia pun yakin konsolidasi pasangan Anies-Cak Imin makin menggumpal di Jatim untuk meraih kemenangan di Pilpres 2024. Ia mengungkapkan nantinya Anies dan Cak Imin makin sering keliling di Jawa Timur untuk sosialisasi.

"Meski sekarang survei kecil, tapi kita tak berkecil hati," kata Iman.

"Nanti kita buat acara di Sidoarjo. Kita konsolidasi dan panaskan mesin," tambahnya.

Selain itu, Iman menghargai para bakal calon presiden lainnya kini berencana menggandeng tokoh dari NU sebagai cawapres. Menurut dia, kondisi ini membuat semangat pertarungan pilpres menjadi bergairah dan lebih seru.

"Cak Imin itu jadi cawapres dari kalangan NU itu hidup lagi kartunya. Kalau Cak Imin tak deklarasi ke Anies, kartu Mahfud dan Khofifah belum tentu hidup lagi kan. Tetap kita yakin pertarungan akan seru," kata dia.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami