search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Denpasar Kawasan Padat, Suhu Udara Bisa Capai 33 Derajat Celcius
Selasa, 3 Oktober 2023, 14:16 WITA Follow
image

beritabali/ist/Denpasar Kawasan Padat, Suhu Udara Bisa Capai 33 Derajat Celcius.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, DENPASAR.

Balai Besar Meteorologi Klimatologi Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar mencatat pengamatan suhu udara permukaan di empat stasiun di wilayah Bali, terpantau masih dalam kategori normal. 

Prakirawan Cuaca BBMKG Wilayah III Denpasar, Kadek Setiya Wati mengatakan secara umum kondisi ini terjadi akibat beberapa faktor seperti musim kemarau yang bersamaan dengan fenomena global El Nino sehingga musim kemarau terasa lebih panjang dan lebih kering.

"Saat musim kemarau seperti saat ini tutupan awan sedikit sehingga, energi panas dari sinar matahari yang diterima permukaan bumi menjadi lebih besar dan berakibat pada suhu udara yang terasa lebih panas dan kondisi gerak semu tahunan matahari saat ini bahwa matahari berada di ekuator pada 22/23 September 2023 yang lalu dan berangsur-angsur tampak bergerak ke bumi belahan selatan ekuator," paparnya, Senin (2/10/2023) malam. 

"Bali terletak di belahan selatan ekuator sehingga ini juga mengakibatkan makin intensifnya pemanasan matahari di wilayah-wilayah sebelah selatan ekuator," jelasnya.

Suhu siang hari ini (Selasa/03/10) diperkirakan masih akan memiliki kondisi sama dimana suhu udara maksimum dapat mencapai 33 derajat celsius khususnya di daerah perkotaan padat penduduk seperti di kota Denpasar. Hal ini, menurutnya, masih dalam kategori normal. 

"Umumnya kondisi suhu udara panas ini terasa di seluruh wilayah Bali karena memang hingga saat ini wilayah Bali masih dalam periode musim kemarau," katanya.

Dirinya mengimbau masyarakat agar menjaga kesehatan tubuh dengan tetap menjaga asupan cairan agar tidak mengalami dehidrasi saat beraktivitas terutama di luar rumah. 

Wati menambahkan agar menggunakan sunblock saat beraktivitas outdoor untuk mengurangi pengaruh buruk akibat paparan sinar matahari.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami