search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
7 Buah Tinggi Gula, Pengidap Diabetes Harus Hati-Hati
Rabu, 18 Oktober 2023, 08:53 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/7 Buah Tinggi Gula, Pengidap Diabetes Harus Hati-Hati

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Buah tinggi gula bukan berarti harus dihindari, tapi batasi porsinya. Apa saja?

Bukan rahasia lagi, para ahli kesehatan menyarankan agar menghindari konsumsi gula berlebih. Meski dikenal sehat, buah juga mengandung gula.

Buah mengandung gula alami atau yang biasa dikenal dengan fruktosa. Asupan fruktosa disebut aman pada orang sehat, namun menjadi tidak aman pada orang dengan diabetes.

Lagi pula, mengutip Real Simple, buah mengandung sejumlah nutrisi seperti air, serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kesemuanya adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Buah tinggi gula

Apa kondisi medis seperti diabetes harus mengonsumsi buah yang rendah gula? Nijya Saffo, ahli diet sekaligus pemilik tempat kebugaran, tidak menjauhkan kliennya dari buah apa pun.

Alih-alih menghindari, Saffo merekomendasikan konsumsi buah yang dipadukan dengan protein sehingga meminimalkan kenaikan gula darah.

Namun demikian, tak ada salahnya juga jika Anda ingin berhati-hati pada buah tinggi gula. Berikut daftarnya.

1. Apel

Satu buah apel berukuran sedang mengandung setidaknya 20,8 gram gula. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh makan apel. Pilih apel dengan ukuran kecil untuk asupan gula lebih rendah.

2. Anggur

Dalam sekitar 151 gram anggur terdapat sekitar 23,2 gram gula. Sebagai alternatif, konsumsi setengahnya masih terbilang aman.

Mengutip dari Medical News Today, studi pada 2021 melaporkan, anggur menawarkan komponen antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba yang bikin tubuh tetap sehat.

3. Mangga

Mangga potong sebanyak 165 gram mengandung 22,5 gram gula. Meski demikian, mangga mengandung vitamin A, vitamin C, kalium, dan beta karoten atau komponen antioksidan.

Baca juga:
diabetes-bisa-merusak-kaki-waspadai-gejalanya-berikut-ini" target="_self" title="Diabetes Bisa 'Merusak' Kaki, Waspadai Gejalanya Berikut Ini">Diabetes Bisa 'Merusak' Kaki, Waspadai Gejalanya Berikut Ini

4. Pisang

Pisang berukuran sedang mengandung gula sebanyak 14 gram. Buah satu ini kerap dicap sebagai buah tinggi gula dan kalori.

Hanya saja, mengutip dari Women's Health Magazine, pisang mengandung tinggi serat, kalium, serta magnesium.

5. Semangka

Semangka pas dikonsumsi di cuaca panas seperti sekarang. Namun sebagai catatan, dalam 100 gram semangka mengandung sekitar 11 gram gula.

Namun di luar itu, semangka juga memberikan asupan vitamin, mineral dan serat.

6. Jeruk

Jeruk berukuran besar bisa mengandung gula sampai 17,2 gram. Sementara jeruk berukuran kecil 'hanya' mengandung 8,98 gram. Namun seperti buah sitrus lainnya, jeruk juga merupakan sumber vitamin C yang baik buat tubuh.

7. Nanas

Sebanyak 210 gram nanas mengandung 16 gram gula. Tak heran jika nanas memiliki rasa begitu manis.

Namun demikian, asupan nanas mampu memberikan vitamin C harian hingga 131 persen dan 76 persen kebutuhan mangan harian.

Demikian beberapa buah tinggi gula. Orang dengan diabetes perlu membatasi asupannya.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami