search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
5 Buah Penghancur Batu Ginjal, Asam Manis Menyehatkan
Minggu, 5 November 2023, 08:55 WITA Follow
image

beritabali.com/cnnindonesia.com/5 Buah Penghancur Batu Ginjal, Asam Manis Menyehatkan

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, NASIONAL.

Diet yang tepat mendukung pencegahan dan penanganan ginjal">batu ginjal termasuk buah-buahan. Simak beberapa buah penghancur ginjal">batu ginjal yang ampuh dan sehat.

Nefrolitiasis atau ginjal">batu ginjal terbentuk dari bahan limbah padat dan keras, menumpuk di ginjal lalu membentuk kristal. Umumnya ginjal">batu ginjal terdiri dari kalsium oksalat.

Batu berukuran kecil, biasanya tak menimbulkan masalah. Begitu ukurannya makin besar, bisa memicu penyumbatan saluran kemih.

Batu ginjal pun mengakibatkan masalah kencing, nyeri yang parah, muntah, dan pendarahan.

Buah penghancur ginjal">batu ginjal

Mereka yang rentan atau sudah punya masalah ginjal">batu ginjal jelas harus memperhatikan asupan. Selain penanganan medis, ada buah-buahan yang disarankan untuk meluruhkan ginjal">batu ginjal secara alami.

1. Jeruk

Buah-buahan dengan kandungan asam sitrat sangat disarankan termasuk jeruk. Jeruk dengan kandungan air yang tinggi juga berperan meningkatkan produksi urine.

Melansir dari berbagai sumber, peningkatan frekuensi kencing akan menurunkan risiko pembentukan ginjal">batu ginjal.

2. Lemon

Tambahkan perasan lemon pada air putih. Selain menambah rasa pada air putih yang tawar, lemon juga mengandung asam sitrat yang kaya.

Melansir dari Healthline, asam sitrat membantu mencegah pembentukan kalsium oksalat ginjal">batu ginjal dengan dua cara yakni, berikatan dengan kalsium pada urine lalu mengurangi pembentukan ginjal">batu ginjal baru serta berikatan dengan batu kalsium oksalat sehingga mencegah pembesaran ukuran ginjal">batu ginjal.

3. Jeruk nipis

Selain lemon, jeruk nipis dikenal sebagai buah dengan kandungan asam sitrat tinggi. Asam sitratnya akan menetralisir urine dan mencegah pembentukan ginjal">batu ginjal.

"Misalnya, kristal asam urat terbentuk dan berubah jadi batu dalam lingkungan yang asam. Jadi jika urine Anda bersifat basa [kebalikan dari asam], maka batu urat tidak akan terbentuk, dan Anda sebenarnya dapat melarutkan batu asam urat dengan sitrat dosis tinggi," jelas Smita De, ahli urologi, seperti mengutip dari Cleveland Clinic.

4. Delima

Sejak lama, jus delima telah digunakan untuk meningkatkan fungsi ginjal secara menyeluruh. Ekstrak delima dipercaya dapat memecah batu dan racun dari dalam tubuh.

Delima mengandung antioksidan yang diduga berperan dalam mencegah perkembangan ginjal">batu ginjal.

Delima juga dapat menurunkan tingkat keasaman urine. Tingkat keasaman yang lebih rendah dapat menurunkan risiko ginjal">batu ginjal.

5. Raspberry

Mengutip Insider, sebuah studi pada 2011 menunjukkan bahwa raspberry memiliki efek pencegahan pada pembentukan ginjal">batu ginjal.

Buah satu ini mengurangi kadar oksalat, kalsium, dan fosfor dalam urine. Kesemuanya berhubungan dengan risiko ginjal">batu ginjal.

Namun, Anda tak direkomendasikan mengonsumsi buah ini dalam porsi besar karena kandungan oksalat-nya yang tinggi.(sumber: cnnindonesia.com)

Editor: Juniar

Reporter: bbn/net



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami