search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
15 Pemuda Desa Sidan Tak Mampu Dilatih Gratis Perhotelan dan Kapal Pesiar
Rabu, 31 Januari 2024, 14:33 WITA Follow
image

beritabali/ist/15 Pemuda Desa Sidan Tak Mampu Dilatih Gratis Perhotelan dan Kapal Pesiar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Sebanyak 15 pemuda yang kurang mampu di Desa Sidan, Kecamatan Gianyar, dirangkul oleh Pemerintah Desa Sidan. Mereka dilatih keterampilan SDM bidang perhotelan dan kapal pesiar secara gratis. Tujuannya agar pemuda kurang beruntung bisa lepas dari garis kemiskinan.

Pelatihan itu dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sidan bekerjasama dengan yayasan pendidikan. "Mereka dilatih selama tiga bulan ke depan. Mulai Februari 2024 sudah dilatih," jelas Perbekel Sidan, Made Sukra Suyasa, Rabu (31/1/2024).

Dikatakan, pemuda dilatih di Kissidan Eco Hill yang  merupakan restoran dengan panorama terasering yang dibangun BUMDes. "Selama pelatihan, ada kelas. Belajar restoran, kitchen hingga housekeeping," ungkapnya.

Pemuda yang direkrut di bawah usia 34 tahun, dilatih oleh pengajar dari Yayasan Pendidikan I Career yang berkantor pusat di Denpasar.

Setelah tiga bulan latihan, mereka direkomendasikan ikut interview ke hotel maupun ke kapal pesiar. "Apabila lolos ke pesiar. Maka dari BUMDes menawarkan pola kerja sama berupa dana talangan. Karena nanti di sana dapat gaji, itu yang dipakai bayar talangan," jelas dia.

Sidan ingin pemudanya sejahtera. "Jadi kami ajak belajar, buatkan sekolah untuk dilatih dan salurkan ke luar negeri. Upaya kami memenggal angka kemiskinan di Sidan. Kami latih sehingga kerja ke luar, jadi bisa memenuhi kebutuhan hidup," ujarnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami