search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Pemedek Jalan Kaki ke Besakih Biasa Mendaki, Sudah Naik Gunung 78 Kali
Selasa, 9 April 2024, 16:14 WITA Follow
image

beritabali/ist/Pemedek Jalan Kaki ke Besakih Biasa Mendaki, Sudah Naik Gunung 78 Kali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Perjalanan spiritual yang dilakukan tiga sekawan, yakni Frananda Agastya (Yande); Made Parta; Nyoman Kiwul, ke Pura Besakih jalan kaki tanpa rintangan. Meskipun menempuh 42 kilometer dengan waktu 11 jam, mereka tak merasa lelah.

"Hanya istirahat lima menit saja ketika lelah. Supaya otot kami tidak dingin," ujar Yande. Dikatakan, bahwa perjalanan dari Tengkulak, Kemenuh, Sukawati menuju Besakih dengan jalan kaki tanpa kendala berarti.

Apalagi Frananda sudah biasa mendaki gunung. Tercatat, kini Frananda telah melakukan pendakian sebanyak 78 kali. "Saya senang mendaki sejak SMA," ungkap dia.

Sejumlah gunung di tiga pulau sudah dijajal. "Gunung yang ada di Jawa, di Bali dan di Lombok sudah pernah," jelas Yande yang kesehariannya seorang teknisi elektronik itu.

Dikatakan bahwa upaya jalan kami ke Pura Besakih mengenakan pakaian memanjat gunung. Setelah dekat Besakih, barulah mereka mengenakan kamen dan udeng. "Ini sekedar olahraga saja," tutup dia.

Sebagaimana diketahui, Yande Frananda pria asal Desa Batuan, Sukawati bersama dua rekan asal Tengkulak Kemenuh bertemu di titik kumpul Tengkulak. Mereka jalan kaki ke Besakih melintasi semak belukar hingga jalan raya protokol dan jalan desa. 

Mereka mengandalkan google map untuk menuju arah Besakih. Lantaran sudah biasa menjajal gunung, maka semak di seputaran Gianyar, Klungkung hingga Karangasem berjalan lancar. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami