search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Stafsus Jokowi Sikapi Turis Asing yang Terus Menerus Berulah di Bali
Senin, 8 Juli 2024, 17:24 WITA Follow
image

beritabali/ist/Stafsus Jokowi Sikapi Turis Asing yang Terus Menerus Berulah di Bali.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Koordinator staf khusus Presiden Joko Widodo, Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana, mengungkapkan keprihatinannya terhadap insiden perilaku tidak pantas beberapa turis di Bali baru-baru ini. 

Insiden termasuk turis yang duduk di pintu mobil yang sedang bergerak di jalan raya serta turis yang berlari-lari hanya menggunakan handuk sebagai penutup bagian bawah tubuh di jalan umum di Jimbaran, Kuta Selatan, Badung.

Menurut Dwipayana, menjaga "quality tourism" atau pariwisata berkualitas sangat penting. "Kualitas pariwisata ini harus diperhatikan dengan baik, termasuk dalam menilai kriteria wisatawan yang datang ke Bali," jelasnya belum lama ini.

Dwipayana menegaskan perlunya evaluasi lebih lanjut terhadap aturan yang mengatur perilaku wisatawan di Bali.

"Penerapan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh wisatawan perlu dievaluasi kembali dan turis harus mendapatkan edukasi yang jelas mengenai hal ini," ucapnya.

Selain itu, Dwipayana juga menyoroti pentingnya peningkatan sistem pengawasan terhadap orang asing di Bali.

"Kita perlu mengevaluasi kembali sistem pengawasan terhadap WNA (Warga Negara Asing), termasuk bagaimana penanganan yang dilakukan, yang sebelumnya melibatkan pihak kepolisian dan sekarang lebih ditekankan pada pihak imigrasi," katanya.

Dwipayana juga menambahkan bahwa pengawasan di komunitas-komunitas tertentu menjadi krusial dalam upaya mencegah turis melakukan perilaku yang tidak pantas di wilayah tersebut.

Editor: Robby

Reporter: bbn/aga



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami