search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Sukseskan Pelebon di Puri Agung Gianyar, Puluhan Lampu Penjor Diputar
Rabu, 31 Juli 2024, 18:29 WITA Follow
image

beritabali/ist/Sukseskan Pelebon di Puri Agung Gianyar, Puluhan Lampu Penjor Diputar.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Lampu penjor yang menghias jalanan di kota Gianyar bisa diputar. Saat pelebon terhadap almarhum Anak Agung Gede Alit dari Puri Swarabawa, Puri Agung Gianyar, lampu Penjor dibelokkan mengarah ke Utara.

Pemutaran lampu berlangsung Selasa (30/7/2024) dan pelebon berlangsung Rabu (31/7/2024). Tujuannya, agar lampu Penjor tidak terkena Bade dan mensukseskan upacara duka.

Kepala Dinas Perhubungan Gianyar, I Made Arianta mengatakan, pemutaran lampu sudah menjadi hal biasa saat ada acara tertentu. Terlebih, lampu penerangan jalan berada di radius puri yang biasanya bila ada upacara pelebon menggunakan bade (menara) dan patung lembu yang ukurannya cukup besar.

Jalan Kalantaka berada di sisi barat Puri Agung Gianyar. Iring-iringan upacara akan bergerak dari catus pata puri menuju utara Jalan Kalantaka, hingga Setra Desa Adat Beng.

Ada 32 lampu diputar 90 derajat oleh Dinas Perhubungan untuk menghindari bade. "Niki rutin dilakukan kalau ada pelebon di puri dengan bade yang cukup besar," ujar Arianta.

Lengan lampu menghadap ke timur sebagai penerang jalan. Saat pelebon lengan beserta lampu akan menghadap ke selatan. Sehingga lampu tidak akan bertabrakan dengan bade atau lembu. "Menghindari benturan sehingga meminimal terjadinya kerusakan," ujarnya. 

Usai pelebon, dilakukan penataan lampu ke posisi semula. 

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami