search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Cegah Rabies, Puluhan Anjing dan Kucing di Batuan Disterilisasi
Rabu, 23 Oktober 2024, 17:22 WITA Follow
image

beritabali/ist/Cegah Rabies, Puluhan Anjing dan Kucing di Batuan Disterilisasi.

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Dalam rangka World Rabies Day, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Bali bersama Paw Deli dan Rumah Singgah Hewan Clow Bali menggelar sterilisasi terhadap hewan penular rabies. Kali ini, lokasi berlangsung di Banjar Peninjoan, Desa Batuan, Kecamatan Sukawati. 

"Bakti sosial ini membantu program pemerintah dalam hal pemberantasan penyakit rabies di wilayah Sukawati," ujar Ketua PDHI Bali Drh I Dewa Made Anom. 

Tindakan sterilisasi dilakukan terhadap 18 ekor anjing betina, 7 ekor kucing betina dan kastrasi jantung 10 ekor anjing dan 5 ekor kucing. Selain itu juga digelar vaksinasi rabies terhadap 11 ekor anjing. 

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Fetrinear (Keswan Kesmas Fet) Dinas Pertanian Gianyar, I Made Santi Arka Wijaya menyambut baik upaya dari perhimpunan untuk menekan jumlah populasi HPR di Gianyar. Dijelaskannya, populasi anjing yang dicatat Dinas Pertanian sejauh ini berjumlah 78.110 ekor. 

Cakupan vaksinasi rabies pun sudah mencapai 92%. Namun demikian, kasus rabies masih saja terjadi di Gianyar. Adapun jumlah kasusnya dari Januari hingga Oktober Tahun 2024 di Gianyar sebanyak 35 kasus. Terbanyak di bulan April sebanyak 7 kasus. 

"Sterilisasi merupakan salah satu upaya menekan jumlah populasi, sehingga diharapkan dapat menekan kasus positif rabies," jelasnya.

Editor: Robby

Reporter: bbn/gnr



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami