search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Ayunan, Arena Hiburan Tak Lekang Jaman
Minggu, 13 Januari 2008, 10:35 WITA Follow
image

Beritabali.com

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Ada tradisi menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan di Banjar Pasekan Desa Kaba-kaba Kediri Tabanan. Warga mulai menyiapkan arena ayunan di Balai Banjar sebagai sarana hiburan yang murah meriah. 

Gusti Made Kuntara Sirdi, warga Banjar Pasekan yang ditemui saat bergotong royong menyiapkan arena ayunan menyampaikan bahwa ayunan yang ada di banjarnya sudah berusia 40 tahun. Setiap enam bulan, ayunan ini dibuka untuk umum sebagai arena hiburan untuk anak-anak.


Lebih lanjut Made Kuntara menyampaikan Ayunan ini dapat menampung 16 orang, digerakkan secara manual oleh empat orang warga. "Saat hari raya kita buka untuk umum, karcis sekali naik ayunan cuman seribu," ujar Made Kuntara.

Sedangkan Gusti Nyoman Manuasa, Kelian Banjar Pasekan mengatakan kalau Ayunan ini mulai beroperasi sejak 24 Agustus 1948. "Ayunan ini usianya sudah 40 tahun, untuk perawatan kita ambil dari pemasukan karcis," kata Nyoman Manuasa.



Lebih lanjut Kelian Banjar menyampaikan "Pendapatan dari arena ayunan ini digunakan untuk perawatan berbagai inventaris banjar, seperti perangkat gong dan ayunan ini sendiri," ujar Nyoman Manuasa.Dalam seminggu beroperasi, ayunan ini bisa menghasilkan 1 juta hingga 2.5 juta. Sebuah arena hiburan rakyat yang tak lekang oleh gemerlapnya arena hiburan modern. (gus)

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami