search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Badung Atasi Sampah Plastik Dengan Gelatik
Kamis, 1 Desember 2011, 17:23 WITA Follow
image

google.com/ilustrasi

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Kuta. Terobosan Baru dilakukan pemerintah kabupaten Badung untuk menanggulangi permasalahan sampah plastik. Pemerintah Kabupaten Badung  mengembangkan program gerakan berkelanjutan penanggulangan sampah plastik (gelatik). Melalui pengembangan program Gelatik Kabupaten Badung menargetkan mampu mewujudkan Badung bebas sampah plastik pada 2014.

Program gelatik dikembangkan dengan melibatan masyarakat untuk melakukan pengumpulan sampah plastik dan dibeli oleh pihak ketiga.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Badung Eka Merthawan saat ditemui beritabali.com di Kuta, Kamis (1/12) mengakui pemerintah kabupaten Badung telah mengalokasikan dana Rp 300 juta untuk mendukung program Gelatik. Pada tahun depan program ini akan dikembangkan pada kawasan pasar dan perumahan.

“Saat ini kita akan targetkan PKK, pasar desa, pasar tradisional, tahun 2012 kita sudah ada tambahan anggaran dari Rp 100 juta menjadi Rp 200 juta, tambah tenaga, tambah mobil dan rencananya nanti kita akan pilot project perumahan,” papar Eka Merthawan.

Eka Merthawan menyampaikan program gelatik juga dilakukan dengan pengurangan sampah plastik dengan meminta supermarket untuk tidak lagi menyediakan kantong-kantong plastik.

Sejak awal tahun ini pemerintah kabupaten Badung sudah berhasil melakukan pengumpulan sampah plastik mencapai 4 ton per bulan melalui pengembangan program gelatik di tingkat sekolah. (mlt)

Reporter: bbn/ctg



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami