search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
NDF ke-16 Ditutup Pentas Agus Teja dan Pelangi Nusantara
Rabu, 20 November 2013, 07:28 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, BADUNG.

Beritabali.com, Nusa Dua. Nusa Dua Fiesta (NDF) 2013, Selasa (19/11) akhirnya ditutup dengan menggesek rebab (alat musik tradisional) dan pagelaran atraksi budaya serta pesta kembang api.

NDF ke-16 yang digelar selama lima hari ini (15-19 November) telah mampu menyedot puluhan ribu pengunjung. Mereka menyaksikan even rutin diselenggarakan di kawasan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) tersebut. Tahun ini jumlah peserta pameran NDF ke-16 ini mencapai 58 peserta dari industri, pemerintahan daerah serta UKM. NDF 2013 secara resmi akan ditutup oleh Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta.

Direktur BTDC, IB Wirajaya dalam sambutannya mengatakan, NDF kali ini berjalan dengan lancar mulai dari parade hotel, yang menunjukan seni dari masing-masing perserta, seperti pertunjukan sendratari Kebo Iwa dan ngelawang barong.

"Sudah barang tentu selama kegiatan banyak kekurangan. Namun ini akan menjadi bahan evaluasi agar penyelengaraan Nusa Dua Fiesta tahun-tahun mendatang bisa lebih baik lagi," ucapnya.

Wakil Gubernur Bali, Ketut Sudikerta dalam kesempatan itu juga memberikan apresiasi kepada BTDC yang telah mempertahankan terselenggaranya NDF hingga ke-16.

"Saya mewakili pemerintah provinsi memberikan apresiasi kepada BTDC yang telah aktif mempromosikan pariwisata Bali. Tentu saya berharap kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pariwisata Bali, namun dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pariwisata," katanya.

Karena itu, dikatakan Sudikerta Bali tidak bisa terpaku pada Nusa Dua Fiesta saja, namun perlu adanya trobosan promosi secara internasional. Sepeti lari marathon sebagai kegiatan yang bertaraf internasional yang telah diselenggarakan serangkaian NDF yang melibatkan masyarakat internasional.

"Mari kita menata Bali bersama, jangan saling cureng atau berfikir negatif, jika ada kesalahan mari kita bicarakan bersama guna mencari solusi terbaik demi kemajuan bersama. Mari terus gelorakan kemajuan ini agar bisa mewujudkan Bali Jagathita," tutupnya.

Sementara Ketua Panitia NDF, Ida Bagus Abdhi, sesaat sebelum penutupan NDF menyatakan, pelaksanaan NDF Tahun 2013 ini berjalan lancar. "Semua program dan agenda yang sudah kita susun berjalan dengan baik. Namun memang ada kendala cuaca yang sedikit menghambat datangnya para pengunjung," ujarnya.

Dikatakan, NDF yang kali ini mengusung tema "Wana Lelangunan" menjadi jendela promosi pariwisata dan industri. Tema yang diangkat tak lepas dari komitmen BTDC dalam menjaga lingkungan alam, hutan dan alam bawah laut. "Kita BUMN yang bergerak dalam sektor pariwisata namun sangat memperhatikan lingkungan. Kita tak serakah untuk memanfaatkan alam," jelasnya.

Disebutkan, tercatat peserta tahun ini yang ikut dalam pameran NDF meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya 48 peserta menjadi 56 peserta. Jumlah peserta berasal dari industri perhotelan 12 peserta, pemda 10 peserta, bank 4 serta sisanya dari peserta umum dan UKM. "Jumlah pengunjung rata-rata per hari lebih dari 10.000," katanya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Prof. Dr I Gede Pitana pada acara pembukaan NDF Jumat (15/11) lalu menyampaikan apreswiasi terhadeap even promosi NDF ini. "Tak banyak even promosi yang bisa dilaksanakan lebih dari 10 kali. Namun NDF kini sudah memasuki even ke-16 kali," ujarnya.[bbn]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami