search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
"Revelation of Nature" I Nengah Sujena di Galeri Komaneka
Jumat, 25 Agustus 2017, 18:20 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, GIANYAR.

Beritabali.com, Ubud. Pada 27 Agustus – 27 September 2017, Komaneka Fine Art Gallery, akan mengadakan pameran karya I Nengah Sujena, berjudul "Revelation of Nature". Pameran ini merupakan seri keempat dari rangkaian pameran Coming Home.
 
Rangkaian pameran Coming Home menampilkan karya perupa-perupa setempat yang pertama kali bekerjasama dengan Galeri Komaneka pada 1990-an dan 2000-an ketika mereka masih muda, dan sejak itu mereka terus berkiprah hingga meraih pengakuan internasional. Dalam arti ini, kembalinya mereka ke Komaneka Fine Art Gallery adalah semacam pulang kampung, kembali ke akar mereka.
 
I Nengah Sujena dilahirkan di Bangli, Bali, pada tahun 1976. Ia menamatkan pendidikan seni rupa di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta pada tahun 2005. Sujena telah berpameran tunggal dan berpartisipasi dalam berbagai pameran bersama di Bali, Yogyakarta, Jakarta, Singapura, Tokyo dll. 
 
Pada tahun 2007, ia menggelar pameran tunggal berjudul Songs of Solitude di Galeri Komaneka.
Alam adalah sumber inspirasi kreatif Sujena. Lukisan Sujena menyuarakan sabda alam, merefleksikan kesadaran ekologis yang mengakui keterkaitan fundamental antara alam dan manusia. 
 
Dari karyanya berkumandang kritik halus terhadap pandangan antroposentris yang mendudukkan manusia sebagai pusat kebenaran yang berhak menguasai dan mengeksploitasi alam. Dengan kritis, namun puitis, Sujena menyampaikan pesan bahwa kehidupan harmonis antara manusia dan alam adalah sebuah kehidupan yang menyejukkan dan menenteramkan.[bbn/rls/psk]

Reporter: -



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami