search
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
radio_button_unchecked
light_mode dark_mode
Menuju Desa Wisata, Desa Bongan Andalkan 3 Keistimewaan
Selasa, 1 Mei 2018, 14:45 WITA Follow
image

beritabali.com/ist

IKUTI BERITABALI.COM DI

GOOGLE NEWS

BERITABALI.COM, TABANAN.

Beritabali.com.Tabanan, Secara demografi Desa Bongan memiliki kesamaan dengan desa lainnya di Kabupaten Tabanan yang merupakan daerah agraris pertanian. Namun  Desa yang memiliki luas wilayah 445 hektar dengan  208 hektar hamparan sawah ini memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh desa lainya. 
 
[pilihan-redaksi]
Sejumlah keistimewaan yang dimiliki Desa Bongan diantaranya terdapat Situs Kebo Iwa, memiliki tradisi mesuryak serta upacara ngaben tikus. Tiga keistimewaan inilah yang mendorong Desa Bongan menuju Desa Wisata. 
 
Hal itu diungkapkan Perbekel Desa Bongan I Ketut Sukarta SE, Senin (30/4). Dikatakan rencana awal pembentukan Desa Wisata sudah disampaikan dalam rapat awal musrenbang  desa Bongan pada 27 April 2018 lalu. 
 
Sukarta menjelaskan potensi yang dimiliki Desa Bongan seperti situs Kebo Iwa dengan Pura Puseh Bedha yang sering dikunjungi wisatawan asing maupun domestik. Begitu juga tradisi Mesuryak yang digelar setiap enam bulan sekali saat Hari Raya Kuningan  di Banjar Bongan Gede dan Bongan Pala dan upacara ngaben tikus yang satu satunya di Bali ada di Desa Bongan. 
 
“Sejatinya embrio Desa Wisata sudah kita miliki, tinggal menggali lagi potensi tersebut untuk dikembangkan kedepan. Untuk itulah kami menggagas Desa  Bongan menjadi Desa Wisata,” tandasnya.  
 
Rencana pembentukan Desa Bongan menjadi Desa Wisata akan diawali dengan sosialiasi ke masing-masing Banjar,namun untuk target di tahun 2018 ini minimal sudah terdaftar  di Dinas Pariwisata Tabanan
 
“Setelah terdaftar di dinas pariwisata, baru nanti kita buat struktur organisasinya mungkin 2019 sudah ada struktur organisasi Desa Wisata Bongan,” terangnya.  
 
[pilihan-redaksi]
Langkah lain juga telah ditempuh yakni telah berkoordinasi dengan Universitas Udayana yang rencanaya dalam waktu dekat turun ke Desa Bongan melihat langsung potensi pariwisata yang ada di Desa Bongan. 
 
Untuk infrastruktur, pihaknya juga sudah menginventaris seperti rencana pembuatan traking yang melalui jalur persawahan, sehingga nantinya  Desa Wisata yang ada di Bongan bisa terpadu. 
 
“Semuanya masih dalam proses dan membutuhkan waktu. Dan kami berharap partisipasi dan dukungan dari masyarakat Bongan,” terangnya. 
 
Sementara itu Ketua Badan Permusyawaratan Desa ( BPD ) Desa Bongan, I Dewa Putu Sunastra mendukung penuh rencana Desa Bongan menjadi Desa Wisata. Pasalnya potensi untuk itu sangatlah besar dimiliki Desa Bongan. 
 
“Kami sangat mendukung rencana tersebut dan rencana itu harus bisa terwujud,” tandasnya. (bbn/rob/nod)

Reporter: bbn/rob



Simak berita terkini dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Ikuti saluran Beritabali.com di WhatsApp Channel untuk informasi terbaru seputar Bali.
Ikuti kami